11 Daerah di Maluku Ikut Pelatihan dan Penguatan DAK 2015

AMBON — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Satker Pengembangan Air Minum dan Sanitasi Provinsi Maluku menggelar pelatihan dan penguatan tenaga fasilitator lapangan (TFL) kegiatan dana alokasi khusus (DAK) infrastruktur sub bidang sanitasi tahun 2015.
Pelatihan tahunan ini diikuti Dinas PU dari 11 kabupaten kota yang ada di Provinsi Maluku yang berlangsung di Elizabeth Hotel, Jalan Imam Bonjol Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon Provinsi Maluku, Sabtu (1/8/2015).
Ketua Panitia Richard Papilaya SE yang diwawancarai Cendana News Sabtu (1/8/2015) di sela-sela kegiatan mengatakan, tujuan pelatihan ini dalam rangka persiapan tenaga fasilitator lapangan (TFL) dalam melaksanakan program fasilitasi pembangunan sanitasi lingkungan berbasis masyarakat.
“Out put yang ingin dicapai dari pelatihan ini, bisa memperoleh para tenaga fasilitator yang siap membantu memfasilitasi penggunaan DAK serta sanitasi pada masing-masing kabupaten dan kota di Maluku,” kata Papilaya.
Untuk peserta sendiri masing-masing dua orang tenaga fasilitator lapangan teknik dan pemberdayaan dari tiap kabupaten dan kota.
Harapannya, pelatihan ini dapat melahirkan para Tenaga Fasilitator Lapangan yang handal guna pencapaian petunjuk pelaksanaan DAK sanitasi.
Pelatihan ini diisi oleh pemateri dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat dan konsultan swasta yang berkompeten masing-masing, Ir. Bona Panjaitan, Popo Riyanto, Udin Khaeruddin, Albert Reinaldo
Kepada peserta, pemateri berharap pasca pelatihan kedepan para fasilitator bisa lebih baik, serta mampu memahami berbagai regulasi yang terbaru.
Tujuannya, agar dalam implementasi tidak berbenturan dengan aturan yang berkaitan dengan pekerjaan lapangan.
“Semangatnya tidak lain menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan,” kata Ir. Bona Panjaitan, saat menyampaikan materi terkait membangun team work.
Disamping itu, pelatihan ini untuk mempersiapkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat Indonesia dalam menjemput MEA.
Kegiatan ini sudah digelar sejak Jumat (31/7/2015) hingga Sabtu (1/8/2015). yang diikuti oleh 11 kabupaten/kota, yakni kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabuapten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Kepulauan Aru, kabupaten Buru Selatan, kabupaten Maluku Barat Daya dan Kota Tual.

SABTU, 01 Agustus 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...