Aburizal Bakrie Pimpin Rapat Pleno Fraksi Partai Golkar

NASIONAL — Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie memimpin langsung rapat pleno Fraksi Partai Golkar di DPR, Ruangan Rapat Partai Golongan Karya (Golkar), Senin (24/08/2015). Dalam kesempatan tersebut, ada tiga agenda penting yang akan dibahas.

Agenda pertama, pengarahan dari Ical mengenai fungsi anggaran yang diemban para wakil rakyat. Agenda kedua, Aburizal berbicara mengenai fungsi legislasi para anggota partai beringin di DPR. Dan agenda yang terakhir sesuai jadwal adalah membahas fungsi pengawasan dan perkembangan persoalan aktual bangsa yang menurut Golkar semakin memprihatinkan dan mengkhawatirkan. 

Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait penilaian masyarakat dimana sampai saat ini DPR menjadi buah bibir lantaran performa kinerja yang rendah. 
Seperti yang disampaikan Lucius Karus, peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia mengatakan, bahwa saat ini DPR belum bisa memperlihatkan hasil kinerjanya dari empat kali masa sidang yang sudah berlangsung. 
DPR periode 2014-2019, kata dia, bisa dinilai minim pencapaian dari segi program legislasi nasional (Prolegnas), padahal para wakil rakyat ini sebelumnya sudah menetapkan prioritasnya sendiri.
“Kami mencatat dari 37 Rancangan Undang-Undang prolegnas yang sudah ditetapkan untuk diprioritskan tahun 2015, baru dua yang disahkan,” ujarnya.
Lucius menyebut dua Undang-Undang tersebut yakni UU Nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah dan UU Nomor 8 tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah yang disebut bukan sebagai produk murni anggota dewan karena hanya menerima bahan dari pemerintah.
Dia menilai dengan capaian rendah yang diperlihatkan, DPR terlihat konyol ketika meminta fasilitas sarana dan prasarana pendukung. Perlu dibuktikan terlebih dahulu agar 37 RUU yang masuk prolegnas yang diprioritaskan dapat segera diselesaikan.
Seperti diketahui kedua undang-undang tersebut baru ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Maret lalu. Sementara masa sidang anggota DPR untuk tahun ini tinggal empat bulan lagi.
SENIN, 24 Agustus 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...