Aher: Pengembangbiakan Domba Garut di Papua Perlu Perijinan

JAYAPURA — Domba asal Garut, Jawa Barat adalah salah satu pengembangbiakan domba terbaik di dunia. Hal tersebut diakui Ahmad Heryawan orang nomor satu di provinsi tersebut. Dari berbagai masukan masyarakat Sunda yang ada di Papua dan Papua Barat, ia berharap provinsi Papua dapat mengembangkan hewan ternak tersebut di provinsi paling timur Indonesia.
Hal tersebut terungkap dari masyarakat tatar sunda yang ada di provinsi Papua maupun Papua Barat yang meminta Gubernur Jawa Barat agar dapat mengembangkan Domba Garut wilayah paling timur di Indonesia.
Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mengaku, untuk membantu pengembangbiakan ternak Domba Garut tidak menjadi masalah, hanya saja harus ada ijin dari pemerintah setempat, dalam hal ini Provinsi Papua maupun Papua Barat serta Kementerian.
“Orang tahu bahwa Domba Garut, Jawa Barat itu domba terbaik di dunia dengan ciri khas yang dimilikinya. Hanya saja pemerintah Papua mengijinkan atau tidak, karena itu kan harus melalui karantina,” kata Ahmad Heryawan di sela-sela kunjungannya ke Kota Jayapura, Minggu (23/08/2015).
Menurutnya, apabila Dinas Peternakan di Papua maupun Papua Barat mengijinkan Domba Garut masuk ke Tanah Papua, pihaknya siap mengirim ke Papua dan Papua Barat.
“Kita coba kembang biakkan Domba Garut di Papua, hanya saja jika ada persetujuan dari pemerintah setempat,” tuturnya.
MINGGU, 23 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...