Aktivitas Bandara Wamena Terganggu Akibat Tergelincirnya Pesawat Cardig Air

Pesawat Cardig Air saat landing di Bandar udara Sentani, Kabupaten Jayapura

JAYAPURA — Sejumlah penerbangan di bandar udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya terganggu akibat tergelincirnya pesawat cargo Cardig Air PK-BBY di Apron II pada Jumat (28/08/2015) sekitar pukul 15.45 WIT.
AKBP Semmy Ronny TH Abaa, Kapolres Jayawijaya saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, ia katakan, sebelumnya pesawat berangkat dari Bandar Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura sekitar pukul 14.45 WIT dan landing di Bandara Wamena sekitar 15.45 WIT.
“Saat landing pesawat mengalami lepas kendali karena anlog ban pesawat sebelah kiri patah, sehingga menyebabkan pesawat tergelincir kesebelah kiri,” kata Ronny, Jumat (28/08/2015).
Pesawat sempat mendarat normal, lanjutnya, tapi kurang dari seperampat apron lagi, pesawat tergelincir. “Dua pesawat sempat terhambat dalam penerbangan, sekarang evakuasi pesawat masih dilakukan,” ujarnya.
Evakuasi yang dilakukan, menurut mantan Kapolres Paniai, dengan menurunkan muatan beras terlebih dahulu yang dibantu personel Polres Jayawijaya dan instansi terkait.
“Selain angin kencang saat landing. Insiden ini terjadi karena ada dugaan kelebihan muatan,” ujarnya.
Dari data yang dihimpun Cendana News, pesawat kargo yang dipiloti Kapten Yudi dan co pilot Simon, warga negara Korea ini  diketahui membawa beras bulog sebanyak 30 ton ke Wamena. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun pesawat mengalami kerusakan pada anlog ban sebelah kiri patah dan terlepas, mesin sayap sebelah kiri mengalami kerusakan serta sayap sebelah kiri rusak.
Tim pemadam kebakaran dan penyelamat bandara Wamena sempat turun untuk mengantisipasi adanya percikan api yang dapat mengakibatkan kebakaran terhadap pesawat tersebut.
JUMAT, 28 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...