Antisipasi Banjir, Petugas Kebersihan Rutin Bersihkan Sungai

JAKARTA — Sore yang tenang di jalan pengayoman kompleks kehakiman wilayah Rukun Warga 08 kelurahan Utan Kayu Utara Kecamatan Matraman dimanfaatkan oleh petugas kebersihan gabungan untuk membersihkan sungai dan taman.
Petugas kebersihan yang tergabung dalam Penanganan Prasarana dan Sarana Umum atau disingkat PPSU melakukan pembersihan sebelum jalan kompleks ramai oleh para siswa yang pulang sekolah atau selesai kursus di LIA Pramuka.
Tanoyo,  petugas kebersihan yang memimpin rekan-rekannya sore ini mengatakan bahwa yang mereka lakukan merupakan pekerjaan rutin. 
“Untuk antisipasi banjir jika musim penghujan.  Lebih baik rutin dibersihkan daripada menunggu banjir,” urai Tanoyo kepada Cendana News, Jumat (21/08/2015).
Mereka membelah sungai secara manual dengan menggunakan karung-karung pasir untuk memecah aliran air untuk kemudian dijadikan tempat pengumpulan sampah sungai sementara yang nantinya diangkut mobil sampah setiap pagi.
“Sungai ini sudah dangkal, jika tidak rajin dibersihkan dari sampah maka bahaya lebih besar akan mengintai warga di musim hujan nanti,” sambung Tanoyo.
Adanya Perda No. 3 tahun 2013 yang berbunyi : ” setiap orang terbukti membuang sampah/bangkai ke : Kali,  Waduk,  Saluran,  Taman,  dijalan,  tempat umum,  dikenakan denda paksa Rp. 500.000,-”  turut meringankan tugas para petugas PPSU karena membuat warga atau para pedagang makanan ikut menjaga kebersihan kali, taman,  dan jalan di wilayah Jalan Pengayoman kompleks Kehakiman Utan Kayu Utara.
Harapan para petugas PPSU kelurahan utan kayu utara kecamatan matraman kedepannya adalah warga dan para PKL sekitar taman dan sungai diwilayah ini tetap bisa menjaga kebersihan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar.


JUMAT, 21 Agustus 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...