Badan Amil Zakat Malang Hadirkan Warung Infak di Pasar Comboran

MALANG — Berlokasi di Jalan Prof. Mohammad Yamin, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang tepatnya di lantai satu Pasar Comboran terdapat sebuah bangunan bernama “Warung Infak Abahe Wong Cilik”. Di warung ini menyediakan berbagai menu makanan gratis bagi masyarakat kurang mampu.
Warung yang sudah mulai beroperasi sejak tanggal 1 Agustus lalu merupakan hasil gagasan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Malang dibawah bimbingan Moch. Anton selaku Walikota Malang.
Menurut salah satu karyawan warung Infak dari Baznas, Fina menjelaskan bahwa warung infak ini dikhususkan untuk masyarakat Malang yang berpenghasilan kurang terutama warga disekitar Pasar Comboran.
Untuk bisa menikmati fasilitas makan gratis di warung ini, warga harus terlebih dahulu menjadi anggota dengan cara memberikan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Kartu Keluarga (KK) sebagai tanda bukti.
“Setelah itu, warga yang mendaftar akan diseleksi oleh Baznas sebelum di berikan Kartu Anggota. Hal ini dilakukan agar nantinya keberadaan warung infak ini bisa tepat sasaran dan sesuai tujuannya yaitu bisa di manfaat oleh warga yang benar-benar kurang mampu,” ucap Fina.
Warga yang sudah menjadi anggota bisa langsung makan dan memilih lauknya sendiri disini seharga Rp.7.500,- atau lebih. Setelah itu warga bisa memasukkan infak seikhlasnya ke dalam kotak yang sudah disediakan.
Fina menjelaskan, bahwa pada hari pertama warung ini dibuka, masyarakat sekitar banyak yang datang. Namun begitu rupanya masih ada beberapa warga yang kurang paham dengan sistem yang diterapkan warung infak. Mereka kebanyakan beranggapan warung infak sama dengan warung lainnya yang harus membayar, padahal disini sistemnya berinfak, bukan membayar.
“Jadi disini sistemnya bukan membayar tapi berinfak seikhlasnya. Uang yang di masukkan kedalam kotak dinilai sebagai infaknya dari orang yang makan disini, bukan untuk membayar makanannya,” tegas Fina.
Agar tidak mengganggu dan tidak mematikan usaha warung lainnya yang ada di Pasar Comboran, warung Infak membatasi jumlah anggotanya yaitu maksimal 200 orang, namun untuk tahap awal hanya dibuka pendaftaran untuk 50 anggota.
Menu yang ditawarkan disini cukup bervariasi diantaranya ikan lele, gurame, ayam, pecel, sayur tewel dan menu lainnya.
Menurut Fina, warga kebanyakan datang ke warung ini pada saat makan pagi dan makan siang. Warung infak sendiri buka mulai pukul delapan pagi hingga pukul tiga sore.
SELASA, 04 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...