Balikpapan Islamic Center Ditargetkan Selesai pada Tahun 2016

BALIKPAPAN — Warga Balikpapan mulai Lebaran tahun 2016 mendatang sudah dapat menikmati Balikpapan Islamic Center di jalan Ruhui Rahayu Sepinggan Balikpapan. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 55 persen.
“Pembangunan menara sudah 55 persen dan penyerapan anggaran sekitar 50 persen dari Rp.329 miliar,” jelas Kabid Cipta Karya Dinas PU Achmad Safei didampingi Kepala Dinas Pu Balikpapan Tara Alorante, Kamis, (13/8/2015).
Tara menjelaskan masjid ini akan menampung 10 ribu jamaah. Pada tahap pertama pembangunan, kontraktor PP menyelesaikan tower setinggi 59 meter dan bangunan utama masjid BIC. 
“Untuk pembangunan sendiri keseluruhannya akan ada fasilitas pendidikan termasuk landscape. Dan anggarannya keseluruhan masih kurang Rp300 miliar,” sambung Tara.
Menurut Tara ketinggian menara BIC mengalami revisi dari rencana ketinggian 99 meter menjadi 50 meter. Hal ini sesuai dengan permintaan bandara bahwa landasan bandara sepinggan juga akan ada perpanjangan. 
“Setelah kita konfirmasi bandara. Pondasinya sudah selesai. Kalau ini didesain informasinya tinggi 50 meter sekian sehingga pondasinya disesuaikan dengan ketinggian,” katanya.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Maulidin mengungkapkan pembangunan balikpapan Islamic center yang kini berjalan sesuai dengan rencana.
“Karena sesuai dengan rencana target, maka kami beri apresiasi seperti penambahan anggaran di perubahan tahun ini agar pembangunan segera terselesaikan,” jabarnya bersama anggota komisi III lainnya saat melakukan peninjauan ke BIC.
Dalam pembahasan APBD perubahan 2015 direncanakan akan dialokasikan Rp50 miliar kembali. “Ya itu baru rencana nanti dilihat saat pembahasan,” imbuhnya.
KAMIS, 13 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...