Bermula Dari Hobi Melukis, Kini Jadi Pekerjaan Utama


MALANG—Bermula dari hobi melukis yang digemarinya sejak kecil, Yatiman (38) salah satu warga Batu, Jawa Timur menggantungkan hidup dari menjual lukisan hasil karyanya. Yatiman mengaku kemahirannya dalam melukis didapatkannya secara otodidak karena dari kecil dirinya sudah menyukai seni melukis.
“Sejak kecil saya sudah hobi menggambar, setelah dewasa ternyata bisa buat menghidupi keluarga,” akunya.
Yatiman menjelaskan bahwa dirinya mulai serius menggeluti dunia melukis pada tahun 1994. Lokasi untuk berjualan lukisan juga berpindah-berpindah mulai dari Batu, Singosari, Dinoyo hingga di tempatnya sekarang yang berada di pinggiran Jalan Jakarta, kota Malang. “Saya baru empat bulan berjualan di jalan Jakarta ini,” jelasnya.
Menurut Bapak dari dua orang anak ini harga lukisannya bervariasi mulai harga yang paling murah Rp.50.000,- hingga harga yang paling mahal Ro.1.000.000,- tergantung teknik dan media yang digunakan serta ukuran lukisan. “Jika menggunakan pensil atau krayon harganya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan cat minyak,”tuturnya. 
Yatiman menggunakan tiga macam alat untuk melukis yaitu pensil, krayon dan cat minyak. Lukisan yang dia hasilkan memang kebanyakan berupa lukisan wajah, tetapi sebenarnya ia juga bisa menghasilkan karya lukisan yang lain seperti pemandangan dan fauna. 
Menurutnya, kebanyakan pembeli lukisannya berasal dari mahasiswa. Dalam sehari Yatiman terkadang bisa mendapatkan 5-10 pesanan lukisan, bahkan juga pernah tidak ada pesanan. “Namanya juga orang jualan, penghasilannya tidak bisa di tentukan” ungkapnya.
Walau penghasilannya tidak menentu, Yatiman mengaku tetap bisa menghidupi istri dan kedua orang anaknya dari hasil menjual karya lukisannya. Untuk mengembangkan diri dan menjalin persahabatan dengan sesama pelukis jalanan di Indonesia, Yatiman kerap kali mengikuti pameran lukisan yang diadakan di dalam ataupun di luar kota Malang.
SABTU, 15 AGUSTUS 2015
Jurnalis : Agus Nurchaliq
Foto : Agus Nurchaliq
Editor : Gani Khair
Lihat juga...