Black Box Pesawat Trigana Air Ditemukan Sersan Agus Harahap

Penemu Black Box Pesawat Trigana Air – Istimewa
JAYAPURA – Ingin tahu siapa penemu Black Box? Berikut keterangan penerangan Kodam XVII Cenderawasih kepada sejumlah jurnalis di Kota Jayapura. Terkait jatuhnya pesawat Trigana Air Service jenis ATR 42 PK-YRN dengan nomor penerbangan IL-267 di sekitar Pegunungan Bintang, Papua.
Black box, perekam data penerbangan (Flight Data Recorder/ FDR) dan juga perekam (CVR), berhasil ditemukan dengan waktu kurang lebih 48 jam sejak pesawat diketahui hilang kontak.
“Yang saya inginkan yaitu pencarian jenazah dan Black Box, hari ini sudah terjawab semua. Tadi pagi pukul 05.40 wit, tim unsur darat gabungan yang ada di titik 4 kilometer sebelum sasaran mereka mualai bergerak, dan pada pukul 13.30 tim pencari  melaporkan telah menemukan Black Box,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo kepada pers, Selasa (18/08/2015) petang tadi.
Sementara itu, Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih, Letkol Inf Teguh Pudji Raharjo sangat senang dengan penemuan Black Box tersebut, karena dari kotak hitam itulah dapat diketahui secara pasti penyebab jatuhnya pesawat Trigana Air.
“Dansi Mayon Yonif 133, Sersan Satu  Agus Harahap yang tergabung dalam tim pencarian yang telah menemukan black box yang paling dicari Komite Nasional Keselamatan Transportasi,” kata Teguh, Selasa (18/08/2015).
Menurutnya, pencarian tersebut tidaklah mudah, sebab harus melalui hutan perawan Papua dengan medan yang sangat curam, pohon-pohon yang lebat dan berlumut tebal. Selain itu juga, menurutnya, tim membawa peralatan Chain Saw dan parang.
“Pencarian lewat darat itu dipimpin langsung Danyon 133, Letkol Arif Hidayat dan Danki Kapten Inf Ridwan harus membuka lebatnya hutan Papua. Dengan penuh semangat jarak sejauh 4 kilometer dari tempat bermalam dapat ditempuh selama 4 jam,” tambahnya.
Dikatakannya, tim pencari ini bergerak pada pukul 09.50 wit, Selasa pagi tadi. “Tim yang bergerak dari darat berhasil menemukan serpihan, jenazah dan pencarian black box. Sekitar 13.30 Black Box Trigana Air yang jatuh di Oksibil berhasil ditemukan oleh tim,” tutupnya.
SELASA, 18 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...