BPBD Jatim Siapkan Strategi dan Sarana Bantu Atasi Kekeringan

SURABAYA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyiapkan berbagai strategi dan sarana untuk membantu para petani yang lahannya kekeringan. 
Kepala BPBD, Sudharmawan menjelaskan sektor pertanian menurut data yang dihimpun dari Dinas Pertanian, lahan yang terancam khusus padi ada di 24 Kabupaten dan khusus jagung tersebar di 4 Kabupaten di Jawa Timur.
“Kami siap membantu petani yang lahannya kekeringan,”sebutnya saat ditemui Cendana News di Kantor BPBD, Minggu (02/08/2015).
Bantuan yang telah dilakukan yaitu untuk Kabupaten Tulungagung dibantu dengan pompa air, untuk Pamekasan dibantu dengan kocor air, untuk Kediri dibantu dengan pengairan dan untuk Sampang dibantu dengan pompa air.
Sudharmawan
“Kami sudah memberikan pompa air ke daerah sebanyak 63 unit,” Ujarnya.
Dari total 63 unit tersebut sudah diserahkan BPBD ke Dinas Pertanian yang berada di Sampang, Tulungagung, Kediri dan Pamekasan.
“Jangka pendek kami membantu dengan dropping air,” Jelasnya.
Dropping air dilakukan tiga kali selama seminggu dengan sekali pengiriman 5000 liter air. Selain itu, untuk jangka panjang, BPBD bekerja sama dengan pemprov Jatim membuat Embung Biomembran yang tersebar di Jawa Timur.
“Jumlah embung sampai 2015 ini sebanyak 197,” Tegasnya.
Seluruh embung tersebut berfungsi dengan baik. Hanya saja BPBD sedang mengusahakan adanya water treatment agar air yang ada di embung dapat dimanfaatkan oleh warga seperti untuk mandi, minum dan kebutuhan lainnya.
Salah satu petani jagung di Kediri, Suroto (50 tahun) mengungkapkan selama musim kemarau ini ia menggunakan pompa air untuk pengairan sawahnya.
“Air sungai tidak mencukupi lagi, jadi harus pakai pompa air,” Jelasnya.
Per sekali pengairan ia membutuhkan 3 liter solar. Selama penanaman, perawatan dan pemanenan dibutuhkan hingga 20 kali pengairan melihat kondisi tanah di lahannya yang kering.
MINGGU, 02 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...