BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Mitra untuk Gaet Peserta Perseorangan

BALIKPAPAN — BPJS Ketenagakerjaan kini membuka akses lebih luas bagi peminat kepesertaan perseorangan dimana sasarannya pekerja bukan penerima upah. Dan untuk memulainya, saat ini BPJS sudah menjalin kerjasama dengan dua bank dan menggandeng 9 vendor termasuk perusahaan telekomunikasi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Kepesertaan dan Hubungan antar lembaga Junaedi saat Press conference di Balikpapan. Sabtu (29/08/2015).

Junaedi menerangkan, kerjasama tersebut untuk memberi kemudahan kepada seluruh masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan jaminan yang diberikan. Mengingat sejak 1 Juli BPJS Ketenagakerjaan telah beroperasi penuh dengan berbagai perubahan baik regulasi maupun manfaat yang diperoleh dari masing-masing jaminan.
Adapun jaminan yang diberikan diantaranya jaminan kecelakaan kerja (JKK), Jaminan kematian (JK), Jaminan Hari tua (JHT) dan Jaminan Pensiun.
Ia menyebutkan hingga akhir semester jumlah kepesertaan perusahaan yang mengklaim mencapai 33 persen dari periode sebelumnya. Dan jumlah peserta pekerja penerima upah juga meningkat sebesar 37 persen. “Minat terhadap semua layanan meningkat,” sambungnya, Sabtu (29/8/2015).
Sementara untuk Kalimantan ada sekitar 2.950 perusahaan yang tercatat sebagai peserta. Jumlah tersebut meningkat 26 persen jika dibandingkan dengan periode yang sampah un sebelumnya. Hal ini diikuti dengan jumlah pembayaran iuran sebesar 17,67 persen.
SABTU, 29 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...