BPMPD Akui Desa di Manggarai Belum Semua Miliki Kantor Kerja

Kepala BPMPD Kabupaten Manggarai, Yos Nono
FLORES — Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, mengakui masih banyak desa di Daerah tersebut belum memiliki kantor kerja.
Kepala BPMPD Manggarai, Yos Nono menyebutkan, pihaknya telah meminta semua desa yang ada di wilayahnya, segera membangun kantor desa.
“Saya selalu sampaikan supaya desa-desa segera bangun kantor. Saya tidak mau lihat lagi, ada desa yang tidak punya kantor dan segala urusan administrasi dibuat di rumah pribadi,”tegas Yos kepada Cendana News di ruang kerjanya, Selasa (18/08/2015).
Kantor desa, diakuinya, sangat penting untuk menjamin netralitas dan ketertiban urusan administrasi pemerintahan desa. Dirinya mengakui, persoalan politik selama ini cenderung dibawa ke urusan pemerintahan, sehingga segala urusan administrasi pun ikut rusak.
“Belajar dari pengalaman selama ini, urusan jadi tidak terjamin keamanannya ketika dilakukan di rumah pribadi kepala desa. Terutama ‘kan kalau saat kalah pemilihan kepala desa. Yang bersangkutan bisa kasih hilang berkas dokumen atau tahan stempellah. ‘Kan bisa seperti itu,” ungkapnya.
Selanjutnya, terkait dengan kondisi terkini di desa-desa, Yos melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa menyebutkan, desa di Manggarai yang sudah memiliki kantor sendiri diperkirakan baru sekitar 70 persen. 
“Untuk desa yang sudah miliki kantor, ya baru sekitar 70 persenlah,” tuturnya. 
Banyak desa, katanya, masih mengerjakan pelbagai urusan administrasi pemerintahannya di rumah pribadi aparat desa.
SELASA, 18 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...