Bukittinggi Cari ‘Bujang jo Gadih’ untuk Duta Wisata 2015

ilustrasi foto bujang jo gadih
BUKITINGGI –– Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tengah bergiat mencari dan menyeleksi “Bujang jo Gadih” (Bujang dan Gadis) yang nantinya akan diproyeksikan menjadi Duta Wisata 2015.
“Pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 1 Juli sampai 12 Agustus mendatang,’’ ujar Hendri Yeni selaku Pejabat Pelaksana Kegiatan di Bukittinggi, Sabtu (1/8/2015).
Yeni mengungkapkan, para peserta audisi tidak harus berasal dari Bukittinggi, tapi dari daerah lain bahkan dari luar Sumatera Barat.
Disebutkan, peserta yang terpilih untuk audisi, akan dikarantina pada 18-20 Agustus mendatang. Selama masa karantina, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan umum dan khusus.
“Yakni tentang agama, adat, Budaya Minangkabau, pemerintahan, dan pengetahuan umum mengenai kepariwisataan, Bahasa Inggris, psikologi, etika dan kepribadian,” lanjut Yeni panjang lebar.
Persyaratannya, berusia 17 sampai 24 tahun dan belum menikah, berpenampilan menarik, cerdas  dan berkepribadian yang baik serta harus bisa menguasai bahasa asing, para calon juga dituntut harus memiliki keahlian dan bakat khusus. 
Bagi yang berhasil keluar sebagai Bujang jo Gadih, selain berhak jadi duta wisata di Bukittinggi, juga akan diteruskan mengikuti ajang Uda Uni untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat, November mendatang.
Untuk tinggi, bagi pria ditetapkan tinggi minimal 170 cm. Wanita, minimal 165 cm.” Ini sudah ketentuan dari Provinsi,” potong Yeni.
Sampai saat ini, animo masyarakat terutama yang berasal dari kalangan pelajar maupun mahasiswa terbilang cukup tinggi. Ditambah lagi, bagi SMA/SMK sederajat, diperbolehkan untuk mendaftarkan tiga pasang calon.
SABTU, 01 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...