Bupati Manggarai Resmikan Pembentukan Kecamatan Satarmese Utara

FLORES — Bupati Manggarai, Christian Rotok, hari ini, Senin (31/08/2015), meresmikan terbentuknya Satarmese Utara sebagai kecamatan paling bungsu di wilayah tersebut. 
Dalam kesempatan bicaranya menanggapi acara Tuak Kapu (ungkapan penerimaan) yang dibawakan warga, Rotok menyampaikan, pembentukan Kecamatan Satarmese Utara sudah saatnya diresmikan. Hal tersebut merupakan hasil dari sebuah proses panjang yang telah dilewati selama bertahun-tahun.
“Setelah melewati proses yang sangat panjang, hari ini waktunya Kecamatan Satarmese Utara resmi dibentuk. Hari ini juga, kita lantik camat dan jajarannya,” ungkapnya di hadapan ribuan warga yang hadir.
Pembentukan Kecamatan Satarmese Utara secara resmi dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Manggarai Nomor 8 Tahun 2015 melalui Rapat Paripurna pada Selasa (11/08/2015). Terbentuknya Kecamatan baru tersebut juga berdasarkan rekomendasi dari Gubernur NTT, Frans Lebu Raya sebelumnya tertanggal 11 Juli 2015 dan rekomendasi Menteri Dalam Negeri RI tertanggal 29 Juli 2015.
Kecamatan Satarmese merupakan pemekaran dari wilayah Kecamatan Satarmese Barat, yang juga belum lama dipecahkan dari wilayah Kecamatan Satarmese. Berdasarkan Perda Nomor 8 Tahun 2015, ada 11 desa yang dipastikan masuk dalam wilayah kecamatan baru ini. Desa-desa tersebut adalah Renda, Todo, Gulung, Popo, Lia, Pora, Ling, Nao, Cireng, Ruang dan Desa Matawae.
Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Bupati Manggarai Nomor 266/BKD.821.2/11/VIII/2015 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Struktural Pejabat Eselon III dan Eselon IV Lingkup Kabupaten Manggarai, sejumlah nama dipastikan berhenti dari jabatan lama dan kemudian dipromosikan sebagai pemegang jabatan baru di lingkup Kecamatan Satarmese Utara. Antara lain, Camat Satarmese resmi dijabat oleh Aloysius Jebadut.
Pantauan Cendana News, upacara peresmian pembentukan Kecamatan Satarmese Utara tampak berlangsung meriah diwarnai oleh antusiasme warga dari berbagai desa. Saat memasuki lokasi acara, warga terlihat menyambut kehadiran rombongan Bupati Manggarai dengan ritus Tuak Kapu dan selanjutnya Manuk Kapu.
Kemudian masuk ke acara inti, rangkaian acara tampak didahului dengan detik-detik peresmian Kecamatan Satarmese diikuti pelantikan Camat Satarmese Utara dan jajarannya. Dilantik pula kesempatan ini Pengurus PKK tingkat Kecamatan Satarmese Utara oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai. Peresmian terbentuknya Kecamatan Satarmese Utara dilakukan secara simbolis oleh Bupati Manggarai melalui pembunyian sirene dan penandatanganan prasasti. 
Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Kornelis Madur, Ketua Badan Kepegawaian Daerah Maksimus Gantur, jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai, tokoh agama dan para pegawai dari berbagai instansi pemerintahan. Turut hadir pula ribuan warga masyarakat dari pelbagai desa di Kecamatan Satarmese Utara.

SENIN, 31 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...