Cinta Kerukunan, Warga Muslim di Maluku Dukung Pesparawi

AMBON — Cinta kerukunan umat beragama terus dijalin warga di Maluku demi terciptanya suatu kehidupan yang harmonis di Provinsi yang dikenal dengan budaya pela dan gandongnya itu.

Sikap cinta dan kasih atas kepedulian kehidupan antar umat beragamya itu ditunjukan warga masyarakat muslim di Maluku khususnya lagi Pemuda Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Caranya, melalui even Pekan Pesta Paduan suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 4 Oktober 2015 di Kota Ambon selaku tuan rumah, maka pemuda muslim asal Desa Batu Merah siap terlibat dalam seluruh aktivitas Pesparawi level Nasional pada 4 Oktober 2015 di Kota Ambon.

Ketua Pemuda Batu Merah, Husein Wara kepada wartawan Jumat (28/8/2015) usai menemui Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Syarief Bakri Asyatrie, mengatakan ia bersama seluruh pemuda di Desa Batu merah yang notabenenya muslim, siap terlibat dalam seluruh kegiatan Pesparawi tingkat Nasional di Kota Ambon.

Hal tersebut dikarenakan, even Pesparawi tingkat nasional itu bukan hanya milik umat Kristiani, tapi milik seluruh masyarakat di Provinsi Maluku khususnya lagi warga masyrakat di Kota Ambon.

Menurutnya, pemuda Batu Merah akan menjemput tamu pertama atau peserta yang akan hadir di Kota Ambon dalam even Pesparawi.

Selain itu pemuda batu Merah juga akan menjadi penerima tamu pada hari H pelaksanaan Pesparawi.

“Kami akan buat kejuatan kepada semua tamu khususnya lagi para tamu atau peserta luar Maluku, pertama yang hadir, soal kejutan apa, nanti terungkap pada hari H,” tuturnya.

Disamping itu, masyarakat Batu Merah seluruhnya telah menyiapkan rumah bagi peserta Pesparawi.

“Warga Batu Merah telah menyediakan rumah yang bisa dijadikan tempat tinggal bagi peserta Pesparawi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskop dan UMKM, Syarief Bakrie Asyatrie kepada wartawan mengatakan, kedatangan pemuda Batu Merah menemuinya adalah bagian dari kunjungan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua atas undangan Pemuda Batu Merah.

“Usai Wagub menerima undangan mereka maka ada inisiatif untuk terlibat dalam seluruh kegiatan Pesparawi mulai dari penjemputan tamu pertama hingga menjadi penerima tamu saat penyelenggaraan Pesparawi,” ujarnya.

Para pemuda ini terang Syarief ingin agar perhelatan Pesparawi tingkat Nasional yang digelar di Kota Ambon berjalan sukses sehingga mereka harus melibatkan diri mulai dari penerima tamu hingga pendukung acara.

“Kita lihat saja seperti apa persiapan mereka. Tapi, yang pasti mereka telah sepakat untuk mendukung, mengamankan dan menyukseskan Pesparawi tingkat Nasional di Ambon,” tutupnya.

JUMAT, 28 Agustus 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...