City Tour Jakarta, Transportasi Gratis untuk Wisatawan dan Umum

JAKARTA — Bulan February 2014, awal pertama kali diluncurkan Bus City Tour Jakarta yang diperuntukkan bagi para wisatawan atau masyarakat yang ingin keliling Jakarta saat libur akhir pekan. Dana operasional program ini diambil dari APBD kota sehingga pengelolaan armada langsung diawasi Pemprov DKI Jaya.
Sumiati,  supir Bus City tour menceritakan suka-duka selama hampir dua tahun mengemudikan Bus City tour. Sebelumnya ia merupakan pengemudi Trans Jakarta koridor PGC-Harmoni, namun begitu program ini diluncurkan, ia ditarik bergabung meninggalkan pos lamanya.

“Di city tour semua supir adalah wanita. Memang sudah programnya seperti itu, ” kata Sumiati membuka pembicaraan.

Wanita single parent yang menetap di daerah Bekasi tersebut sangat menyukai jam kerja di City Tour Jakarta. Tidak terlalu terburu waktu sehingga ia masih sempat untuk istirahat sekedar menghubungi anak-anak di rumah. Dan yang membuatnya nyaman bekerja adalah semua anak-anaknya mendukung profesinya sebagai supir sejak dari Trans Jakarta sampai City tour Jakarta.
Di tahun pertama bus city tour jakarta,  sebenarnya ada tour guide yang berfungsi memberikan keterangan kepada penumpang selama perjalanan. Namun seiring perjalanan program ini, tour guide dihapuskan.

“Menurut Gubernur itu pemborosan, karena nyatanya memang tidak semua penumpang Bus city tour adalah wisatawan. Namun program ini tetap akan dipertahankan terus sebagai wujud pelayanan Pemprov DKI kepada warga Jakarta,” jelas Sumiati lagi.
Harapan Sumiati kedepannya,  program city tour Jakarta tetap dipertahankan sampai kapanpun karena program ini sudah dikenal luas masyarakat serta sudah pula dinikmati oleh masyarakat.
Jika ingin mencoba keliling Jakarta dengan destinasi Monas secara gratis baik bersama keluarga, teman,  atau pasangan,  maka salah satu tempat yang bisa anda datangi untuk naik Bus city tour adalah halte istiqlal tepat di depan halte busway juanda.

SENIN, 31 Agustus 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...