Dana Perbaikan Total Pasar Pandansari Balikpapan Capai Rp.3 Miliar

Pasar Pandansari Kota Balikpapan pasca kebakaran
BALIKPAPAN — Pasca kebakaran pada Maret 2015 lalu, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum akan mengusulkan alokasi dana pembuatan Detail Engineering Design (DED) perbaikan pasar Pandansari pada tahun ini. 
“Itu DED dulu 2015, mudah-mudahan 2016 fisiknya bisa dilakukan,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota, Tara Alorante di Balikpapan, Rabu (19/8/2015).
Tara menjelaskan, usulan DED perbaikan pasar dilakukan pada APBD perubahan 2015 ini sekitar Rp100 juta lebih. Sedangkan tangga pasar yang terbakar dan rusak akan dilakukan pembongkaran dan penambahan eskalator hingga lantai III.
Dari kajian PU kota, perbaikan infrastruktur pasar dan eskalator dengan perbaikan total akan mencapai Rp2-3 miliar. “Struktur tetap hanya bagian plat yang rusak diperbaiki, tangga yang rusak kita ganti pakai eskalator. Mekanikal elektrikal diganti,” tuturnya.
Seperti diketahui, pasar berlantai III itu terbakar pada 3 Maret lalu dengan menghanguskan 475 kios. Dari jumlah itu kios pedagang yang aktif kurang dari 150 kios karena seorang pedagang bisa memiliki kios lebih dari satu. Sedangkan lantai III praktis kosong tidak ada aktivitas dan lantai II sebagian kosong.
Saat ini pemkot sudah membangun lapak penampungan sementara atau TPS dibagian depan pasar dan bagian belakang pasar yang ditempati oleh 118 pedagang. Namun sebagian pedagang yang memperoleh TPS dibagian belakang pasar tidak digunakan dengan alasan sepi pengunjung, sehingga mereka berjualan didepan dekat tangga-tangga pasar.
tempat penampungan sementara
RABU, 19 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...