Dapat Jatah Lima Baliho, Semua Calon Diminta Lepas Atribut Kampanye

LAMPUNG — Alat peraga kampanye dalam berbagai bentuk milik calon kepala daerah di Lampung Selatan kini yang  masih terlihat diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah untuk ditanggalkan, Intruksi pelepasan atribut tersebut disampaikan oleh ketua KPU Lampung Selatan Abdul Hafid seusai menggelar sidang pleno penetapan bakal calon menjadi calon kepala daerah.
Menurut Abdul Hafid, KPU masih memberi batas waktu sampai tanggal 27 Agustus mendatang, sebab tanggal 28 Agustus berdasarkan aturan semua alat peraga kampanye tak terkecuali masing masing calon dicetak oleh penyelenggara pemilu.
“Semua alat peraga kampanye harus bersih dari berbagai ruas jalan dan tempat tempat strategis lainnya sebelum tanggal 28 Agustus 2015 mendatang,”ungkap Abdul Hafid di kantor KPU Lampung Selatan Senin (24/8/2015).
Pantauan Cendana News, hampir di beberapa tempat strategis, di tiang listrik, di bangunan banguan tertentu, masing masing pasangan calon tak terkecuali baik pasangan calon kepala daerah Lampung Selatan: Rycko Menoza-Eki Setynato, Zainudin Hasan-Nanang Erman, Soleh Bajuri-Ahmad Ngadelan Jawawi terpampang. Namun semua atribut tersebut belum dilepas dan masih berada di beberapa tempat. Atribut tersebut diantaranya berupa baliho, pamflet, stiker yang terlihat di beberapa sudut kota dan desa.
Secara tekhis, ungkap Abdul Hafid, berbagai alat kampanye tersebut nantinya akan diganti dengan alat peraga kampanye yang dikeluarkan oleh KPU sebagai penyelenggara Pemilu. Setiap calon bahkan hanya akan memperoleh sebanyak 5 buah baliho bergambar pasangan calon yang akan dipasang di sebanyak 17 Kecamatan di Lampung Selatan.
KPU juga masih akan membagikan sebanyak 520 buah sepanduk yang dipasang masing masing 2 spanduk di setiap desa dan kelurahan. Selain itu sebanyak 289 umbul umbul akan dipasang di sebanyak 17 Kecamatan di Lampung Selatan.
“Tambahan lain KPU juga akan memberikan bahan kampanye seperti selebaran, brosur, pamflet,poster yang dicetak dengan data kepala keluarga di Lampung Selatan sebanyak 250 ribu lembar per bahan kampanye,”ungkap Abdul Hafid.
Pemberian bertahap bahan kampanye juga meliputi kaos, topi, mug, kalender, kartu nama, pin, pulpen, payung dan stiker. Semua alat eraga kampanye dan bahan kampanye akan diberikan kepada pasangan secara bertahap dimulai dari alat peraga kampanye secara serentak dan akan dipasang pada tanggal 28 Agustus 2015.
Dipastikan setelah pleno penetapan calon pilkada pada hari ini Senin (24/8) KPU Lamsel akan melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon esok hari Selasa (25/8).
Untuk diketahui, Provinsi Lampung akan menyelenggarakan pemilukada serentak di delapan Kabupaten/ kota. KPU Provinsi Lampung bahkan mereka sudah mulai menyusun tahapan dan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.
Delapan daerah yang akan menyelenggarakan pemilukada di wilayah Provinsi Lampung  ialah kota Bandar Lampung, Lampung Selatan, kota Metro, Pesawaran, Lampung Timur, Way Kanan, Lampung Tengah, dan Pesisir Barat.


SENIN, 24 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...