Demokrat Surabaya Kecewa Kadernya Mundur dari Pencalonan

SURABAYA — DPC Partai Demokrat Surabaya mengaku kecewa dengan mundurnya Haries Purwoko sebagai bakal calon Wakil Walikota Surabaya. Hal ini pun membuat polemik diantara partai pengusungnya yaitu PAN dan Demokrat. DPC Partai Demokrat menolak disebut sebagai biang batalnya Pemilukada Surabaya.
Plt DPC partai Demokrat Surabaya, Suhartoyo menjelaskan tugasnya hanya sebagai partai pengusung dan sebagai ‘kendaraan’ calon kepala daerah. Menurutnya, mundurnya Haries Purwoko dengan tiba-tiba meninggalkan KPU Surabaya saat proses pendaftaran merupakan tindakan yang tidak bisa dibenarkan.
“Dalam hal ini tugas partai Demokrat sebagai pengusung sudah selesai. Kita sudah turunkan rekom DPP dukungan partai yang menjadi persyaratan. Ini karena calonnya yang tidak lengkap. Terus terang kami kecewa,” Jelasnya di Surabaya, Selasa (04/08/2015).
Menurut Suhartoyo, batalnya pencalonan Dhimam Abror-Haries Purwoko yang mengakibatkan ditundanya Pemilukada Kota Surabaya hingga 2017 bukan merupakan kesalahan Partai Demokrat.
“Kesalahan bukan dari Partai Demokrat,”kata mantan Ketua OKK DPD Partai Demokrat Jatim ini.
Sementara itu, Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Soekarwo mengungkapkan alasan mundurnya Haries Purwoko disebabkan tidak mendapat restu dari sang ibu.
“Saya berusaha mencari tahu penyebab kenapa mundur Haries Purwoko. Sebab jangan sampai memunculkan tudingan negatif ke Demokrat. Dan ternyata itu karena faktor keluarga yang tidak setuju,” cetus pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini.
Karena itu pihaknya mengaku bisa dipahami dan tidak bisa memaksa, sebab ini menyangkut privasi seseorang. “Tidak etis kalau saya harus intervensi atau mempengaruhi ke keluarga Haris. Dia memiliki hak. Karena alasan keluarga. kami Partai Demokrat bisa memahami,” tegasnya.
Akibat mundurnya Haries, KPU Surabaya akhirnya memutuskan menunda Pemilukada Kota Surabaya hingga 2017.
SELASA, 04 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...