Diduga Korsleting, Mobil DAMRI Terbakar di Jalan Lintas Sumatera

LAMPUNG — Sebuah kendaraan bus DAMRI asal Provinsi Jambi tujuan Ponorogo Jawa Timur terbakar di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Kecamatan Penengahan Lampung Selatan Provinsi Lampung. Lokasi kejadian berada di turunan wilayah Kecamatan Penengahan. Tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan dan Damkar PT ASDP segera meluncur ke lokasi memadamkan mobil tersebut.
Menurut pengurus bus penumpang tersebut, Rekson, bus DAMRI yang dikemudikan oleh Mujiyo (40) asal Ponorogo bermuatan sekitar 22 orang terdiri dari penumpang dan sopir serta kondektur yang akan menuju ke Pulau Jawa. 
Dugaan sementara menurut Rekson, kebakaran yang menjalar dan kemudian menghanguskan sebagian besar body bus DAMRI tersebut disebabkan akibat korsleting listrik di bagian Air Cionditioner (AC). 
Sementara itu, menurut salah satu penumpang, Andi (34), awalnya terjadi percikan api, kemudian api menjalar sehingga para penumpang segera berhamburan keluar sambil menyelamatkan barang barang milik mereka.
“Awalnya kami panik dan segera menyelamatkan diri kamni keluar dari kendaraan yang terbakar karena panik,”ungkap Andi di Penengahan kepada Cendana News, Selasa (11/8/2015).
Hingga saat ini tim dari mobil pemadam kebakaran dibantu anggota Polsek Penengahan masih melakukan pemadaman terhadap mobil DAMRI yang terbakar tersebut. 
Hingga saat ini proses pemadaman terus dilakukan dan proses evakuasi terhadap penumpang dilakukan dengan membawa penumpang ke rumah makan terdekat untuk kemudian diantisipasi dengan pihak DAMRI Lampung lainnya.
“Selanjutnya jika sudah selesai semua proses evakuasi barang barang serta penumpang akan diberangkan ke Merak Banten,”ungkap Rekson.
Ia mengungkapkan pihak pengurus akan melakukan bantuan kepada para penumpang sementara untuk menyembuhkan trauma serta melakukan proses penggantian kerugian barang akibat kecelakaan kebakaran tersebut. 
Selain itu, kebakaran kendaraan jurusan antar pulau tersebut juga mengakibatkan kemacetan di Jalan Lintas Sumatera dari arah Bandarlampung tujuan Bakauheni dan sebaliknya. Anggota kepolisian dari Polsek Penengahan dipimpin langsung Kapolsek Penengahan AKP Mulyadi Yakub langsung mengamankan lokasi kejadian.
SELASA, 11 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...