Ditpolair Polda Lampung Rayakan HUT NKRI ke-70 di Pulau Sebesi

LAMPUNG — Puluhan anggota dari direktorat kepolisan perairan Polda Lampung menggelar upacara peringatan HUTke-70 NKRI di Pulau Sebesi yang berada di gugusan Kepulauan Krakatau, Lampung. Peringatan HUT NKRI di pulau pulau terluar di Lampung tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Ditpolair Polda Lampung setelah tahun tahun sebelumnya selalu dilakukan di daratan Pulau Sumatera.
Upacara peringatan HUT ke-70 NKRI Ditpolair Polda Lampung tersebut dipimpin langsung oleh Kasatrolda Ditpolair Polda Lampung, AKBP Satman Siburian SH sebagai inspektur upacara dan didampingi Kasat Patwal Ditpolair Polda Lampung dan Kasatpolair Polres Lamsel, AKP Baharudin.
Peringatan HUT NKRI ke-70 yang dilakukan di pulau luar wilayah Lampung tersebut merupakan bentuk kepedulian Polair Polda Lampung untuk lebih memperhatikan pulau pulau yang berada di sekitar perairan Lampung.

Berdasarkan data Polair Polda Lampung pulau pulau yang ada di perairan Lampung saat ini berjumlah sekitar 22 pulau yang mendapat prioritas untuk kunjungan dan perhatian.

“Selain sebagai kegiatan sambang nusa kita juga lakukan sebagai upaya untuk memperhatikan daerah daerah terpencil yang selama ini kurang mendapat perhatian secara penuh dari pemerintah karena perhatian lebih ke daratan,”ungkap AKBP Siburian kepada Cendana News di lokasi upacara, Senin (17/8/2015).
Pantaun Cendana News, puluhan anggota Ditpolair Polda Lampung tersebut berangkat menuju Pulau Sebesi menggunakan KP Pelatuk, KP Gagak dan KP patroli dari Polair Polres Lamsel.
Peringatan detik detik Proklamasi ditpolair Polda Lampung yang dipusatkan di Pulau Sebesi juga diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai sekolah yang ada di Pulau Sebesi mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas(SMA).
Pulau Sebesi merupakan salah satu dari 20 pulau berpenduduk yang ada di Provinsi Lampung. Peringatan HUT ke-70 NKRI dijadikan momen penting oleh Ditpolair Polda Lampung untuk mendekatkan diri dengan masyarakat kepulauan yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dalam hal pendidikan, kesehatan serta masalah masalah sosial lain.
Selain memperingati detik detik Proklamasi di Pulau Sebesi Ditpolair Polda Lampung juga membagikan ratusan alat alat sekolah bagi pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di pulau berpenghuni ratusan kepala keluarga tersebut.
Pantauan Cendana News, ratusan masyarakat terlihat antusias mengikuti upacara peringatan HUT NKRI ke-70 di lapangan desa setempat di bawah kaki Gunung Sebesi menunggu rangkaian kegiatan lain setelah upacara bendera diantaranya perlombaan panjat pinang serta hiburan kesenian tradisional kuda kepang.

 

SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...