Ekspedisi dengan Angkutan Kereta Api Makin Diminati Masyarakat

SEMARANG —– Di halaman depan, tepatnya di sebelah barat dan timur parkiran stasiun KA Tawang, kota Semarang, tampak kesibukan beberapa perusahaan jasa pengiriman barang ekspedisi sedang menata dan membungkus berbagai macam barang, mulai dari perabot rumah tangga, dokumen, sampai sepeda motor yang akan dikirimkan dengan angkutan kereta api.
Dan pada stasiun tujuan berbagai kendaraan bermotor maupun dokumen yang diangkut dengan kereta api, akan diturunkan untuk dipindahkan kedalam truk atau mobil angkutan barang, tak lama kemudian akan segera dikirimkan ke tempat tujuan masing – masing, sesuai dengan alamat yang tertulis dalam nota tanda bukti tujuan pengiriman barang tersebut.
Di sini terdapat beberapa perusahaan jasa pengiriman barang, antara lain CV. Karya Indah Delapan Express, PT. Toto Ekspres, PT.Prajamitra Mandiri dan yang terbesar kantornya adalah PT. Herona Express. Di halaman luar stasiun Tawang, disekitar Masjid Al Istiqomah, tampak ratusan sepeda motor sedang menunggu giliran antrian, satu per satu didata sesuai alamat tujuan pengiriman dan dibungkus dengan kardus supaya tidak lecet dan tidak rusak akibat bergesekan satu dengan lainnya, saat dinaikkan dan diturunkan dari kereta api.
Setelah semuanya selesai, baru kemudian sepeda motor yang telah dibungkus rapi tersebut diletakan di tempat parkiran, sambil menunggu dimasukkan kedalam kereta barang yang akan membawanya ke berbagai jurusan. Setelah sampai ke tempat tujuan, sepeda motor tersebut lantas diturunkan, dan siap diambil sendiri oleh konsumennya atau juga bisa diantar ke tempat tujuan, sesuai dengan alamat rumah tempat tinggal masing – masing.
” Ini sepeda motor Honda Vario punya kakak, mau saya titipkan ke salah satu jasa perusahaan ekspedisi di stasiun Semarang Tawang, untuk kemudian diangkut dengan kereta api ke Jakarta, setibanya di stasiun Pasar Senen, nanti biar diambil sendiri sama kakak yang baru mengawali kuliah di sebuah universitas di Jakarta ” kata Iwan ketika ditemui Cendana News.
Iwan menambahkan, baru pertama kali ini disuruh orang tuanya untuk membawa sepeda motor kakaknya ke salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang berkantor di stasiun Semarang Tawang tersebut, dia mengaku dikenai ongkos kirim senilai Rp. 325.000 untuk satu unit sepeda motor.
Hal serupa juga disampaikan salah seorang anggota TNI, Syahrul. Dia memaketkan sepeda motor Yamaha Vixion punya anaknya dan saat ini telah sampai ditujuan.

“Slhamdulilah dia sudah sudah kerja di Tangerang, awalnya sepeda motornya mau dinaiki sendiri oleh anak saya dari Semarang ke Tangerang, tapi saya tidak memperbolehkan, lebih baik saya paketkan lewat jasa perusahaan ekspedisi, nanti biar diambil sendiri sama anak saya setibanya di Jakarta ” jelasnya.

Dia mengaku dikenai biaya pengiriman sebesar Rp. 400.000 untuk satu unit sepeda motor, menurutnya ongkos kirim tersebut masih relatif terjangkau dan masuk akal, biayanya hampir sama dengan harga tiket satu penumpang yang naik KA kelas eksekutif dari Surabaya ke Jakarta atau sebaliknya.
Sementara salah karyawan dari salah satu kantor cabang berencana mengambil paket yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi kereta api.

“Saya kesini untuk mengambil kiriman paketan dokumen surat berharga dari perwakilan kantor cabang di Surabaya, dokumen tersebut dikirimkan melalui ekspedisi angkutan kereta api, tadi pagi saya ditelepon , bahwa kiriman berupa dokumen surat berharga sudah sampai di Semarang, bisa diantar ke tempat tujuan atau diambil sendiri kantor ekspedisi di stasiun Tawang ” kata Valerina.

SELASA, 25 Agustus 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...