FDR Bagian dari Black Box Trigana Air Service Akhirnya Ditemukan

JAYAPURA — Flight Data Recorder (FDR) bagian Black Box atau kotak hitam pesawat Trigana Air Service jenis ATR 42 PK-YRN nomor penerbangan IL-267 yang jatuh di sekitar Oksop, Pegunungan Bintang, pada Minggu (16/08/2015), hari ini Kamis (20/08/2015) telah ditemukan tim pencari.
Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI FHB Bambang Soelistyo mengatakan pencarian Blcak Box pesawat Voice Cokpit Recorder (VCR) ditemukan Selasa (18/08/2015) lalu pada pukul 05.40 wit. Siang ini, lanjut, bagian FDR telah ditemukan.
“Dengan ditemukannya CDR dan FDR berarti seluruh tugas Tim Basarnas telah selesai,” kata Soelistiyo dari ujung selulernya, Kamis (20/8/2015).
Namun, menurutnya, penutupan operasi SAR akan dilakukan jika seluruh tim pencari dan evakuasi telah kembali ke Base Operasional Lanud Jayapura, Sentani, Kabupaten Jayapura. “Kami masih melakukan operasi hingga besok,” ujarnya.
Menurutnya, dua tugas pokok Tim Basarnas telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan cukup cepat dalam waktu 3 hari setelah kejadian, yang selanjutnya dilakukan pencarian korban dan Black Box pesawat.
KAMIS, 20 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...