Gerakan 1.000 Tunas Kwarcab Manggarai Siap Ramaikan HUT NKRI

FLORES — Menyemarakan HUT NKRI yang jatuh pada 17 Agustus 2015, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Manggarai akan menggelar pertunjukan 1.000 tunas dengan seluruh peserta berasal dari sekolah yang berada di kabupaten tersebut. Dan saat ini persiapannya telah mencapat 80 persen.
“Kalau berdasarkan latihan gladi bersih, persiapan memang baru 80 persen. Tapi biasanya, saat hari puncak penampilan pasti bagus. Karena itu, saya tetap optimis dan siap tunjukkan yang terbaik pada waktunya,” ucap Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Manggarai, Felix Edon di lokasi latihan, Minggu (16/08/2015).
Felix menyebutkan, Seribu Tunas ini terdiri dari utusan dari pelbagai Gugus Depan se-Kwartir Ranting (Kwaran) Langke Rembong. Mereka merupakan gabungan dari Tingkat Penggalang (pelajar SD dan SMP) dan Tingkat Penegak (siswa SMA).
“SD itu 10 pa (putera) dan 10 pi (puteri). SMP-nya 20 putera, 20 puteri. Sedangkan SMA-nya, ada yang 40, ada yang 70, ada yang 80, ada yang 100. Intinya, bisa genap 1.000 Tunas,” tuturnya.
Selanjutnya kuota berdasarkan tingkat pendidikan, dijelaskan Felix, peserta tersebut tersebar di 20 SD, 16 SMP dan 8 SMA se-Kecamatan Langke Rembong. 
“Untuk SMP, tidak semua sekolah kami ambil. Karena tidak semua SMP itu mempunyai Gugus Depan yang aktif. Kami hanya ambil yang masih aktif. Begitu juga dengan SMA, ada yang aktif, ada yang tidak,” terangnya.
Pantauan Cendana News sebelumnya, Sabtu (15/08/2015) para peserta yang tampak hadir saat kegiatan gladi bersih merupakan siswa-siswi dari pelbagai sekolah di Kota Ruteng.  Mereka antara lain berasal dari Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Setia Bhakti, SMAK Santo Fransiskus Saverius, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Langke Rembong, SDI Karot, SDI Cunca Lawir, SDI Leda, dan banyak sekolah lainnya. 
MINGGU, 16 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...