Gerakan Pramuka Kwarcab Malang Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka

MALANG — Gerakan Pramuka Kwarcab Malang melaksanakan upacara peringatan Hari Pramuka ke-54 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus di lapangan desa Ketawang Kecamatan Gondanglegi Kabupatena Malang. Tampil sebagai inspektur upacara Bupati Malang, Rendra Kresna.
Peserta Upacara Hari Pramuka berasal dari seluruh Kabupaten Malang mulai dari Kasembon hingga Ampel Gading dan melibatkan pemerintahan tingkat desa hingga kecamatan.
“Camat, kepala SKPD, seluruh pembina dari masing-masing sekolah di Kabupaten Malang, semua datang menghadiri upacara Hari Pramuka,” ucap Suwandi selaku Ka Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang.
Suwandi menjelaskan, bahwa selain kegiatan utama berupa upacara peringatan Hari Pramuka yang di gelar hari ini, dilakukan juga bakti pengabdian kepada masyarakat di masing-masing Kwartir Ranting (Kwarran) dalam bentuk ikut berpartisipasi langsung membantu kegiatan-kegiatan terutama yang berkaitan dengan acara 17 Agustus.
Sementara itu, untuk pembinaan Kwarran, lebih ditekankan kepada pembinaan serta pembentukan di setiap instansi terkait. Tidak terkecuali dari pihak militer dan kepolisian yang ada di Kota Malang.
“Pada tahun 2015, dari Kwarran sendiri lebih di tekankan pada pembinaan dan pembentukan Saka dan Alhamdulillah dukungan dari pihak-pihak terkait sangat besar,”ucapnya.
Setidaknya sudah terbentuk 12 Saka di Kabupaten Malang, diantaranya dari Dandim ada Saka Wirakartika, dari Polres ada Saka Bhayangkara dan juga Saka dari Lanal, bahkan komandannya sendiri yang langsung menjadi dewan pembina Saka.
“Selain itu juga sudah terbentuk saka dari SKPD seperti Dinas Pendidikan, Kesehatan, KB dan lingkungan hidup, tutupnya.
Dalam rangkaian upacara Hari Pramuka juga menampilkan kelompok drumband dari beberapa sekolah.

JUMAT, 14 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...