Harga Daging Sapi di Balikpapan Bertahan di Rp.120 Ribu per Kilogram

BALIKPAPAN — Pasca Lebaran pada bulan Juli kemarin, harga daging sapi di kota Balikpapan stabil di Rp.120 per kilogram dan permintaan juga normal seperti biasa. Hal tersebut dikarenakan pasokan terpenuhi.

“Sekarang harga daging sapi Rp120 ribu Perkilogram. Normal saja tidak ada kenaikan,” kata Eko, Pedagang daging sapi di pasar tradisional Klandasan Balikpapan.

Menurutnya, saat Lebaran harga daging sapi bisa melonjak hingga Rp130-135 ribu Perkilogram. Namun naiknya harga daging tidak mempengaruhi permintaan daging sapi di Balikpapan. Bahkan saat Lebaran permintaan meningkat karena kebutuhan masyarakat juga meningkat.
“Kalo normal seperti hari ini, satu hari bisa jual satu ekor sapi atau 80-100 kilogram daging sapi. Untuk pasokan juga aman masih bisa dipenuhi,” ucap Eko disela aktivitasnya, Minggu (9/8/2015).
Hal yang sama juga diungkapkan pedagang daging sapi di pasar Buton Balikpapan. “Harga stabil saja, tidak ada kenaikan. Biasa Rp120 ribu Perkilogram,” Jabar Mail.
Mail menyebutkan harga Rp120 ribu Perkilogram tidak mahal dan ini sudah normal dibandingkan saat Lebaran sekitar Rp135 kg. Permintaan juga kembali normal dan pembelinya juga pedagang bakso dan pedagang lainnya.
Di kesempatan yang berbeda Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Balikpapan Yoesmianto mengungkapkan kebutuhan daging sapi untuk kota Balikpapan dalam sehari apabila kondisi normal sekitar 30-35 ekor sapi. “Kalo normal dalam sehari bisa 30-35 ekor yang dipotong dirumah pemotongan hewan,” ungkapnya.
Kebutuhan sapi sendiri dipasok dari Sulawesi dan saat ini pasokan juga normal.
Yos menambahkan, kebutuhan daging segar 80 persen pelanggannya pedagang bakso dan restoran atau Warung makanan. Sisanya pelanggan rumah tangga di kota Balikpapan.
SENIN, 10 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...