Heru Mei Yanto, Polisi yang Menjadi Motivator KB Pria

Heru Mei Yanto
KULON PROGO—Rasa bangga dan bahagia terpancar dari Heru Mei Yanto, salah seorang penerima penghargaan sebagai motivator Keluarga Berencana Pria. Heru mendapatkan Setya Lencana Wira Karya Kencana.
Penyematan tanda penghargaan ini dilakukan langsung oleh presiden Jokowi, beberapa hari yang lalu (1/8/15) bersamaan dengan acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2015 dipusatkan di Lapangan Sunburst, Kota Tangerang Selatan, Banten.
Heru M Yanto dianggap berhasil memotivasi masyarakat ikut serta menjadi peserta KB pria melalui Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi.
Sebagai anggota Polri Ia tidak hanya giat memotivasi sesama anggota Polri agar bisa menjadi pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat. namun juga memotivasi warga Pengasih untuk sadar KB Pria dan sekarang ini. Diawal mula Ia mensosialisasikan MOP, sedikitnya 16 Pasangan Usia Subur (PUS) berhasil Ia ajak untuk mengikuti program ini. 
Berkat keberhasilannya meyakinkan warga bahwa Program KB Pria adalah program yang sehat dan baik bagi suami secara pribadi dan juga keluarga. Jumlah aseptor pun mengalami penambahan yang cukup signifikan. Terhitung sejak Agustus 2013 hingga Agustus 2015 telah ada penampahan jumlah akseptor MOP sebanyak 46 PUS. 
Heru Mei Yanto yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubag Humas Polres Kulon Progo ini mengatakan sangat bangga dengan penghargaan yang Ia terima langsung dari Presiden. “Penghargaan ini membuat saya terpacu,untuk berkarya lebih lagi. Dan ini adalah amanah, terlebih saya sebagai anggota Polri harus mampu menjadi pelayan, pengayom, dan pelindung. Serta berbudi agar bisa bermanfaat untuk orang lain. Bentuk pelayanan saya,ya ini salah satunya, memberikan edukasi pada masyarakat luas tentang keluarga berencana (KB) khusunya MOP/ Vasektomi. Sehingga harapan pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera dapat tercapai” Ujar Heru.
Heru menjelaskan, acara penyematan Setya Lencana  dihadiri sekitar 15.000 peserta dari seluruh Indonesia. Selain memberikan arahan, dan penyematan tanda penghargaan, Presiden Jokowi juga berdialog dengan para Kader Program KB, peserta KB Lestari, PLKB, dan para teladan KB.

SELASA, 4 Agustus 2015
Jurnalis : Muhammad Natsir
Foto : Muhammad Natsir
Editor : Gani Khair
Lihat juga...