HUT RI di Maluku Diisi Dengan Drama Pertempuran Ambarawa

AMBON — Upacara HUT Ke 70 NKRI, Senin 17 Agustus 2015 di Lapangan Merdeka Pattimura Kota Ambon Provinsi Maluku diisi dengan drama yang mengisahkan perang Ambarawa, Semarang. 
Drama ini menarik perhatian peserta upacara serta para masyarakat yang hadir menyaksikan pengibaran Merah Putih pukul 10.00 WIT di Lapangan Merdeka Ambon Senin (17/08/2015).
Drama ini disutradarai oleh Danrem 151 Binaya Ambon, Kolonel Hartanta. Selaku penanggungjawab Pangdam XVI Pattimura, Mayor Jenderal Dony Munardo.
Para pemeran adalah prajurit Kodam XVI Pattimura dan Korem 151 Binya Ambon termasuk para isteri prajurit beserta anak-anak mereka sendiri.
Drama yang disutradarai oleh Danrem 151 Binaya, Kolonel Hartanta itu menceriterakan kisah perjuangan Almarhum Jenderal Sudirman dan para pejuang di Semarang kala itu.
Tampak dalam banyak korban berjatuhan pada adegan penyerangan besar-besaran di Ambarawa selama empat hari empat malam pada Desember 1945.
Para pemeran tampak saling serang dengan menggunakan petasan dengan senjata api tapi menggunakan peluru hampa. Juga alat peraga lain yang dipakai adalah mini tank dan sepeda motor.
Pertempuran itu akhirnya Jenderal Sudirman dan pasukannya berhasil menaklukan penjajah di Semarang.
Pangdam XVI Pattimura dan Danrem 151 Binaya menyatakan kisah pertemupran Ambarawa ini sebagai refleksi atas jasa perjuangan Jenderal Sudirman dan para pejuang di Semarang setidaknya diambil hikmah.
Sehingga seluruh rakyat Indonesia termasuk rakyat Maluku wajib menghargai jasa-jasa para pahlawan. Dari Maluku untuk Indonesia, Dirgahayu Ke 70 NKRI, Jayalah Indonesia. M E R D E K A

SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...