Jelang HUT NKRI Warga Desa di Lampung Gelar Bersih Kampung

LAMPUNG — Tradisi bersih kampung masih dilakukan oleh warga di Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. Selain rutin dilakukan setiap minggu di akhir bulan, kegiatan ini juga dilakukan menjelang peringatan HUT NKRI ke-70 yang akan diperingati pada 17 Agustus mendatang.
Gotong royong difokuskan membersihkan selokan, jalan dari sampah sampah serta pohon pohon yang rantingnya merintangi jalan. Warga membersihkan sampah sampah daun dan plastik dengan membakar serta membuangnya di tempat sampah agar tidak menjadi sumber penyakit.
Kepala Desa Pasuruan, Kartini mengungkapkan, gotong royong masih dilestarikan di beberapa dusun yang ada di desanya. Ia mengungkapkan kegiatan tersebut satu bentuk menjaga dan menjalin kebersamaan antar warga kampung yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing.
“Selama ini kalau hari biasa warga sibuk dengan kegiatan masing masing dan hari ini dilakukan Jumat bersih dan tepat dengan menjelang perayaan HUT NKRI kita lakukan gotong royong,”ungkap Kartini saat dikonfirmasi Cendana News, Jumat (14/08/2015).
Sementara itu kepala dusun Sumbersari Nasrullah menyebutkan, tradisi gotong royong masih terjaga hingga saat ini. Selain itu balai desa yang selama ini tak dihiasi dengan bendera Merah Putih terlihat lebih semarak dengan umbul umbul warna warni di halaman depan kantor kepala desa.
Selain itu secara khusus gotong royong dilakukan oleh warga untuk mempersiapkan peringatan HUT NKRI ke-70 yang akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya perlombaan nasi tumpeng, lomba menggambar untuk anak anak, serta dimeriahkan dengan kesenian tradisional kuda lumping pada siang hari serta musik organ tunggal pada malam hari.
“Selain sebagai dilakukan untuk menjaga kebersihan kampung gotong royong juga dilakukan pada saat sebuah keluarga sedang melangsungkan pernikahan anaknya serta kegiatan lain,”ungkap Nasrullah.
Kegiatan gotong royong tersebut diakui oleh Nasrullah saat ini mulai luntur di tengah perkembangan zaman. Bahkan meskipun sudah diumumkan dengan speaker serta dirapatkan namun masih banyak warga yang tak tergerak untuk ikut gotong royong. Namun Nasrullah yakin bagi warg ayang tak ikut gotong royong kemungkinan sedang memiliki kesibukan lain.

JUMAT, 14 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...