Jelang Keberangkatan, Perlengakapan Ibadah Haji Mulai Diburu

Pedagang perlengkapan ibadah haji di kebun sayur kota Balikpapan
BALIKPAPAN — Sejumlah pedagang perlengkapan ibadah haji mengaku perlengkapan ibadah haji kini mulai ramai dicari oleh pengunjung, menyusul tak lama lagi keberangkatan jamaah calon haji akan berangkat. 
H Yulia menyebutkan permintaan perlengkapan ibadah lebih banyak dibanding hari normal. 
“Kalau hari biasa untuk jamaah umroh tapi kalau musim haji pasti lebih banyak,” ucap pedagang kawasan Plaza Kebun Sayur. 
Dari 5 helai kain ihram setiap minggunya kini meningkat menjadi 10 helai. Dengan harga yang dibandrol mulai Rp250 ribu tergantung kualitas. 
“Kebetulan aku punya beberapa merek,” jabarnya.
Untuk meningkatkan penjualan ia berencana membuka stan di Embarkasi Haji pekan mendatang karena biasanya ada jamaah calon haji yang juga membeli secara mendadak. 
Hal yang berbeda diungkapkan pedagang lainnya H. Fuad. Menurutnya, maraknya kemunculan pedagang sejenis setiap tahunnya ikut mempengaruhi jumlah permintaan. 
Jika penjualan perlengkapan ibadah haji bombastis 1 bulan sebelum pelaksanaan dimulai, tidak begitu tahun ini. Hingga 10 hari jelang keberangkatan  sejumlah pedagang mengaku penjualannya cenderung datar. 
“Hanya 1 atau 2 orang yang belanja,” tandasnya. 
Dia menyebutkan ihram kebutuhan yang paling diburu calon jamaah. Meski ongkos sudah naik, ia memastikan harga eceran kain ihram tetap stabil. 
“Rp250 ribu aja,” jabarnya. 
Ikat pinggang khusus jamaah juga tersedia dan menjadi produk yang ikut diburu. Dibandrol Rp.45 ribu dari sebelumnya hanya Rp.25 ribu.
Sementara jelang kedatangan, permintaan bergeser ke oleh-oleh khas Arab Saudi. Ada air zam-zam kemasan 1 liter, 5 liter dan 10 liter. Ada juga kacang arab, kismis, kurma nabi, ceret arab, tasbih, lipstik, parfum dan banyak lagi. Khusus produk yang menjadi buah tangan dipesan oleh keluarga jamaah.
SABTU, 15 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...