Jembatan TPI Pasar Klandasan Kota Balikpapan Terancam Ambruk

BALIKPAPAN — Jembatan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) pasar Klandasan kota Balikpapan mengalami kerusakan akibat dihantam ombak beberapa hari lalu. Meski masih bisa digunakan, namun perlu kewaspadaan sewaktu-waktu jembatan ambruk. 
Salah satu warga sekitar, Hasan menyebutkan, hingga saat ini nelayan masih bisa melakukan pendaratan ikan ditepi pantai disekitar pasar Klandasan. Namun dia berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan yang memiliki peran penting bagi masyarakat sekitar.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan Tara Alorante mengungkapkan jembatan dikawasan TPI pasar Klandasan tersebut sudah dua kali mengalami kerusakan dihantam ombak.
Pihaknya juga melakukan perbaikan dan kerusakan kali ini juga akan diperbaiki secepatnya dengan menambah kayu Ulin untuk pondasi jembatan tersebut. Namun konstruksi menggunakan kayu Ulin tidak kuat atau akan runtuh lagi. 
“Kalo konstruksinya masih kayu Ulin akan tidak kokoh menahan ombak,” ucapnya di Balikpapan, Senin (03/08/2015).
Untuk itu, Tara menyarankan untuk menggantinya dengan beton atau permanen agar jembatan lebih kokoh dan tidak mudah rusak karena ombak.

SENIN, 03 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...