Kabupaten Probolinggo Gelar Pawai Budaya Awal Tahun Pelajaran

PROBOLINGGO — Dalam rangka mengawali tahun ajaran baru 2015/2016, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo mengadakan lomba Pawai Budaya ATP (Awal Tahun Pelajaran). Pawai yang diselenggarakan hari Sabtu 8 Agustus 2015 ini, mengikut sertakan seluruh insan pendidikan mulai dari pelajar dan guru SD, SMP, SMA hingga pengawas cabang pendidikan.
Menurut Yunita Nurlaily, selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wonomerto sekaligus peserta Pawai menjelaskan, pawai ditujukan untuk mengawali awal tahun pembelajaran, serta untuk menggali potensi daerah.

Sebelum pawai diberangkatkan, terlebih dahulu acara diawali dengan atraksi dari Paskibra Probolinggo. Acara dibuka dengan ditandai goresan canting dan sambutan oleh Bupati.
Pawai mulai diberangkatkan tepat pukul 10.00 wib. Sesuai dengan tema, para peserta nampak menggunakan baju batik tidak terkecuali Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo. Mereka berjalan mulai dari depan soponyono swalayan dan berakhir di depan SMK SAQO Kraksan. 
Masyarakat nampak sangat antusias menyaksikan jalannya Pawai Budaya Awal Tahun Pelajaran. Tidak hanya masyarakat yang berada di jalur yang dilewati pawai saja yang antusias, para pengendara bermotor yang melintas juga terlihat justru sengaja memarkir sepedahnya untuk menyaksikan pawai.
Dalam kegiatan yang bertema “Batik Sekolah Dalam Kereta” diharapkan mampu mempopulerkan dan melestarikan kerajinan batik sebagai salah satu warisan budaya nusantara di kalangan masyarakat, khususnya para siswa.

Seperti yang disebutkan Bupati Probolinggo, Tantri, setiap sekolah memiliki satu produk yang salah satunya adalah produk batik dan kebetulan di cabang dinas pendidikan Kecamatan Wonomerto satu sekolah sudah memiliki dua atau lebih produk batik.

SABTU, 08 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...