Kabupaten Terpencil di Papua Dapat Program Baca Tulis

Chief Education and Adolescent Devo Duster Unicef, Nabendra Dahal

JAYAPURA — The United Nations Children’s Fund (Unicef) mendukung  program membaca dan menulis bagi siswa-siswa Kelas I, II dan III pada 80 Sekolah Dasar (SD) di 4 Kabupaten wilayah pinggiran dan terpencil di provinsi Papua. Empat kabupaten terpencil yang ada di Bumi Cenderawasih tersebut, antara lain Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Mimika dan Kabupaten Jayawijaya.

Chief Education and Adolescent Devo Duster Unicef, Nabendra Dahal mengatakan pihaknya mendukung visi Gubernur Papua untuk meningkatkan pendidikan di wilayah pinggiran dan terpencil.

“Yang rencananya kedepan dapat memperluas program baca tulis bagi siswa-siswa Kelas I, II dan  III ini. Sehingga semua impian anak-anak Papua bisa terealisasi dan semua hak-hak mereka akan terpenuhi seperti anak-anak lain di negara-negara bagian lain di dunia,” kata Dahal usai bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe di Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Senin (31/08/2015).
Pihaknya bertemu Gubernur Papua untuk menjelaskan program baca tulis yang tengah berlangsung di empat kabupaten tersebut. Dimana, lanjutnya, program ini adalah misi bersama Unicef dengan Pemerintah Australia yang dilakukan di Papua, untuk memperbaiki situasi pendidikan di daerah pinggiran dan terpencil yang ada di Papua.
“Kalau mereka bisa membaca di Kelas I, II dan III mereka bisa mendapatkan  kehidupan yang lebih baik bagi  masa depannya,” ujarnya.
Dalam menjalankan program baca tulis ini, pihaknya melakukan pelatihan dan melibatkan para guru, penyusunan materi-materi sesuai kebutuhan, meningkatkan peran serta masyarakat untuk pendidikan disekolah dan membantu mendukung sistem pengawasan, perencanaan dan penganggaran di Kabupaten masing-masing.
SENIN, 31 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...