KAI Surabaya Himbau Warga Berhati-hati Jika Melintasi Rel Kereta Api

SURABAYA — Banyakanya perlintasan kereta yang tidak dijaga, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghimbau agar masyarakat berhati-hati saat melintasi jalur kereta api. Pasalnya sampai sekarang, masih banyak laporan mengenai kecelakaan yang terjadi jalur kereta api.

Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sumarsono mengungkapkan perlintasan kereta api masih banyak yang tidak dijaga dan perlintasan liar.

“Perlintasan tidak dijaga ada 477 dan untuk perlintasan liar sebanyak 178,” Jelasnya saat ditemui CND, Sabtu (22/8).
Perlintasan tidak dijaga yaitu perlintasan yang resmi ada palang pintunya tetapi tidak ada petugas yang menjaga. Sedangkan perlintasan liar merupakan perlintasan yang tidak resmi, tidak ada palang pintu, tidak ada penjaga dan umumnya hanya bisa dilewati sepeda motor, biasanya yang membuat perlintasan liar ini atas inisiatif warga supaya bisa mencari jalan tembusan.
Yovinus Guntur (36 tahun) salah satu warga Surabaya mengungkapkan perlintasan liar yang dibuat warga tidak bisa ditutup, karena sebagai jalan tembus supaya memperpendek jarak tempuh.
“Tetapi, warga yang hendak melintas seharusnya berhati-hati dan waspada,” Jelasnya.
Sumarsono menambahkan agar warga yang hendak melintas selalu berhati-hati dan tengok kanan kiri setiap akan melintasi perlintasan liar dan perlintasan tidak dijaga.
SABTU, 22 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...