KBM Ajak Anak-anak Mengenal Situs Sejarah Balikpapan

Kunjungan ke situs situs sejarah balikpapan

BALIKPAPAN — Mengedukasi orang tua dan anak-anak tentang situs sejarah di Balikpapan, Komunitas Kelas Balikpapan Mengajar (KBM) hari ini (29/08/2015) menggelar BPM Heritage City Tour. Hal tersebut ditujukan untuk merevitalisasi sejarah serta menghidupkan kembali kenangan itu. Hal tersebut disampaikan Inisiator KBM, Didiek Anggra, Sabtu (29/8/2015).
Ia menilai historis Balikpapan sangat bagus dan kota ini memiliki sejumlah situs sejarah yang layak dibanggakan. Mengingat banyaknya perubahan yang membuat kota ini menjadi modern setelah minyak dieksploitasi akhir abad kesembilan belas. 
“Saya merasa warisan sejarah dari pendahulu ini perlu dilestarikan. Dan dengan kegiatan BPM Heritage City Tour ini dapat menghidupkan kembali kenangan sejarah itu,” kata Didiek disela-sela aktivitasnya.
Adapun kegiatan sendiri akan dimulai dan di akhiri di Lapangan Merdeka, Jalan Sudirman. Lapangan ini diketahui sudah ada sejak tahun 1930-an. KBM memfasilitasi sekitar 65 orang dewasa dan anak-anak akan mengunjungi sejumlah situs-situs sejarah warisan BPM.
Didiek menyebutkan, sejumlah situs lainnya juga akan dikunjungi diantaranya Monumen Mathilda, kantor besar Pertamina RU V, dan Gua Jepang. Selain itu, ada rumah plengkung dan Jengki yang juga menjadi cagar budaya Balikpapan.
Rencananya kegiatan akan ditutup hingga sore nanti dengan kegiatan diskusi sejarah yang menghadirkan Petrik Matanasi penulis buku Balikpapan Tempo Doeloe dan praktisi sejarah lainnya.
Sementara itu, salah satu pengunjung Nadya mengatakan sangat senang dengan kegiatan seperti ini karena bisa mengetahui situs-situs sejarah yang dimiliki Indonesia. “Senang ikut kegiatan seperti ini dan sejarah perlu kita ketahui,” tutupnya.
SABTU, 29 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...