Kejurda Panjat Tebing se-DIY 2015 Digelar di Kulon Progo

KULON PROGO – 100 atlit panjat tebing dari perwakilan daerah se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ambil bagian dalam kejuaraan daerah (Kejurda) panjat tebing yang digelar di Alun-alun Wates, Kulon Progo.
Kejuaraan yang diselenggarakan Pengurus Daerah (Pengda) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DIY dilaksanakan selama tiga hari, dari Jumat, 31 Juli hingga Minggu, 2 Agustus 2015.
Sekretaris Umum Pegda FPTI, Topan Faizal Rizal menyampaikan, jumlah atlet yang menjadi peserta kejurda tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang diselenggarakan di SMA N 3 Yogyakarta.
“Panjat tebing di Kulon Progo ini diikuti 100 peserta, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 80 peserta,”kata Topan usai pembukaan kejurda panjat tebing DIY di Alun-Alun Wates, Jumat (31/07/15).
Disebutkan Topan, meski papan panjat di Kulonprogo yang digunakan sebagai media panjat tebing masih sangat minim karena berbahan multiplex, namun sudah memenuhi standar penyelenggaraan kejurda. 
“Bahan multiplex lebih licin, apalagi dengan cat baru seperti ini, tidak keset dan tidak awet. Tapi untuk keamanannya tetap terjamin,” imbuh Topan.
Sementara itu, Pembina FPTI Kulonprogo, Sukarni menyebutkan, ada keuntungan yang diperoleh pihaknya setelah ditunjuk menjadi tuan rumah kejurda panjat tebing tahun ini. Dengan menjadi tuan rumah, papan panjat tebing di Alun-Alun Wates menjadi siap digunakan untuk latihan.
Sukarni
“Kita sudah dua tahun tidak ada latihan karena minimnya sarana dan prasarana. Dengan disiapkannya arena ini, atlet Kulonprogo jadi punya tempat untuk latihan,” katanya.
Karni menjelaskan, Kejurda panjat tebing DIY di Kulonprogo tahun ini melombakan 16 nomor kategori umum dan 17 nomor kategori kelompok umur, baik putra maupun putri. 
Kategori umum meliputi nomor lead, boulder, speed world record dan speed track, sementara kelompok umur terdiri dari kategori spider kid C dengan atlet kelahiran tahun 2006-2008, spider kid B kelahiran tahun 2004-2005 dan spider kid A kelahiran tahun 2002-2003. Untuk youth B atlet kelahiran tahun 2000-2001 dan youth A kelahiran tahun 1998-1999. Sedangkan untuk junior atlet harus kelahiran tahun 1996-1997
Kejurda juga akan dijadikan persiapan kejuaraan nasional (kejurnas) kelompok umur pada 20-26 Agustus mendatang.
Sebelumnya, penyelenggaraan kejurda selama tiga hari ini, sempat mengalami perubahan tempat dari rencana. Sebelumnya direncanakan di sirkuit panjat tebing Stadion Mandala Krida.
Pemindahan tempat penyelenggaraan kejurda panjat tebing dari Stadion Mandala Krida ke Alun-alun Wates, diklaim tidak mempengaruhi antusiasme peserta.
SABTU, 01 Agustus 2015
Jurnalis       : Mohammad Natsir
Foto            : Mohammad Natsir
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...