Kekurangan Daya, PLN Kaltim akan Lakukan Pemadaman Listrik

BALIKPAPAN — PLN Kalimantan Timur yang saat ini mengalami kekurangan daya sekitar 40 MW akibat adanya kegiatan perawatan di pembangkit listrik tenaga uap CFK Kariangau, yang rencananya mulai dilakukan pada 20 Agustus – 11 September.
Manager PLN Cabang Balikpapan Priyo Wuryanto membenarkan kondisi tersebut. Namun untuk soal berapa pemadaman bergilir masih akan melihat situasi di lapangan. 
“Kita akan lakukan update jadwal. Soal berapa lamanya kita lihat kondisi dan kita update setiap tiga hari kondisi pemeliharaan,” paparnya, Kamis (20/8/2015).
Dengan adanya pemeliharaan pada salah satu pembangkit di sistem Mahakam, maka akan terjadi kekurangan pasokan energi listrik yang diperuntukan melayani kota Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara serta bontang. 
“Yang pasti masyarakat Kaltim di empat wilayah yakni Balikpapan, Samarinda, Tenggarong dan bontang akan mengalami pemadaman selama enam jam akibat kekurangan pasokan,” tutur Priyo.
Ia mengatakan soal wilayah mana saja yang padam kita akan rampung jadwalnya dan akan diumumkan ke masyarakat. Terkait pemadaman tersebut, pihaknya memohon maaf kepada pelanggan dengan ketidaknyamanan itu.
Diketahui, PLN sudah mengeluarkan pengumuman soal rencana pemadaman bergilir. Dengan dikeluarkannya PLTU CFK dari system Mahakam untuk perawatan, maka PLN kekurangan daya 40-50 MW. Saat ini daya mampu sistem Mahakam pada siang hari sebesar 330 MW.
Sedangkan pada malam hari sebesar 400 MW. Untuk informasi jadwal pemadaman dapat di lihat pada PLN Kaltim www.pln.co.id/kaltim atau twiter ke @kaltim123. Atau callcenter PLN 123 (kode wilayah).
Sementara itu, Salah satu warga Balikpapan Adi mengatakan pemadaman listrik yang terjadi di Balikpapan sudah menjadi hal yang biasa. 
“Padam listrik sudah biasa. Ada pengumuman atau tidak sama saja,” serunya.
Menurutnya, sejak dulu harusnya pemerintah sudah memperkirakan akan kebutuhan listrik untuk warganya. Sehingga kami sebagai masyarakat tidak merasakan pemadaman listrik. ” Harusnya sejak dulu udah diperkirakan dong pertumbuhan penduduknya,” tutupnya.
KAMIS, 20 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...