Kelola ADD, Warga Jaong Satarmese Minta Perhatikan Skala Prioritas

Ilustrasi

FLORES — Warga Desa Jaong, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, meminta Alokasi Dana Desa (ADD) di wilayah tersebut harus memperhatikan skala prioritas. Permintaan ini menyusul adanya bukti pemanfaatan dana sebelumnya untuk beberapa titik proyek di desa tersebut yang dinilai warga tidak terlalu mendesak untuk dikerjakan.
Salah seorang warga, Rafael Jerubu menyebutkan, masih banyak sebenarnya sasaran  pembangunan di Desa Jaong yang lebih penting dan mendesak untuk diperhatikan.

“Saya lihat pemanfaatan dana ADD ini seperti asal buat saja. Bagus ‘kan kalau ada pertimbangan, mana yang paling dibutuhkan kita di sini. Nanti kalau yang paling penting ini selesai, kemudian baru buat lagi yang baru,” ungkap Rafael, Selasa (25/08/2015).

Rafael menilai, dari sejumlah titik proyek pemanfaatan ADD yang sudah dan sedang dikerjakan di desanya, sebenarnya ada di antaranya yang belum terlalu mendesak untuk dikerjakan jika dilihat dari aspek kemanfaatan bagi masyarakat.

“Buka jalan baru ke tempat di mana belum ada rumah ‘kan saya rasa belum terlalu penting. Barangkali yang sekarang mereka kerja itu bisa kemudian,” tutur Rafael.

Sejumlah sasaran yang dinilainya mendesak dan membutuhkan perhatian lebih serius untuk desa Jaong adalah perluasan jaringan pipa air minum bersih, peningkatan status jalan tanah ke telford (jalan bersusun batu) dan dari telford ke lapen (aspal).
“Kenapa tidak utamakan saja dulu air minum bersih, misalnya. Kita yang di Golonderu ini ‘kan masih kesulitan air bersih. Begitu pula saya kira mereka yang di Ponting. Kemudian jalan ke Golonderu dan Laing sebelah sana ‘kan masih jalan batu. Kenapa itu tidak dibikin aspal saja pake dana yang ada ini. Kalau ini semua sudah, silahkan lihat lagi yang baru,” ungkapnya.
Hal yang sama diungkapkan pula oleh Tobi Jehamun, Klemens Jehadut, Damianus Bahur dan Verry Anggul sebelumnya di Golonderu. Mereka pun meminta agar pemanfaatan dana ADD untuk Desa Jaong benar-benar memperhatikan tingkat kemanfaatan bagi warga masyarakat. “Kita ini ‘kan sangat perlu air bersih sekarang. Tolong bawa sebagian dana itu untuk air minum kita di sini,” ungkap Tobi Jehamun.
Pantauan Cendana News, sejumlah proyek pengelolaan ADD tampak sudah mulai dikerjakan di Desa Jaong. Ada di antaranya adalah pembukaan jalan baru, peningkatan status dari jalan tanah ke telford dan proyek semenisasi area sekeliling halaman depan Rumah Gendang Jaong. Lanjutan pengerjaan gedung kantor desa yang selama bertahun-tahun hanya dibangun sebagian juga informasinya memanfaatkan ADD tahun anggaran 2015 ini.
SELASA, 25 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : ME. Bijo Dirajo
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...