Kepala Kantor Pos Benarkan Ada Uang Rp 6,5 Miliar di Pesawat Trigana

Uang Rp 6,5 miliar yang ada di empat tas ransel sebelum dibawa ke dalam pessawat Trigana Air [Ist]
JAYAPURA –– Benarkah, dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebesar Rp 6,5 miliar yang diperuntukkan ke masyarakat miskin di Pegunungan Bintang dan disalurkan melalui kantor pos setempat, ada di dalam Pesawat Trigana jenis ATR 42 PK-YRN nomor penerbangan IL-267?
“Iya benar, kemarin Minggu empat pegawai kantor Pos Jayapura sebagai juru bayar PSKS ini berangkat ke Oksibil untuk bayar dana PSKS dengan jumlah sekitar Rp 6,5 miliar,” kata Kepala Kantor POS Jayapura, Haryono, Senin (17/08/2015).
Haryono
Menurutnya, empat pegawai Kantor Pos Jayapura yang ikut membawa uang PSKS itu antara lain Yustinus Hurulean, MN Aragay, Agustinus Luarmase dan Teguh. Ia menambahkan dari empat orang tersebut, ada satu orang yang namanya tidak sesuai manifes.
“Pak Teguh didalam manifes memakai nama Dewa Putu Raka. Karena, Pak Dewa ada undangan mendadak di Bandung, Jawa Barat, jadi beliau tidak diberangkatkan dan digantikan Teguh,” ujarnya.
Uang sebanyak Rp 6,5 miliar tersebut, lanjutnya, tersimpan didalam empat tas ransel yang dibawa masing-masing empat karyawan tersebut. Hingga kini, pihaknya terus berkordinasi ke pihak Trigana Air terkait keberadaan uang tersebut.
“Dana itu untuk daerah distrik yang tidak dapat dilalui dengan jalan darat, di daerah Pegunungan Bintang. Nah, nanti yang bisa dilalui dengan jalan darat ada 8 Dsitrik itu sekitar tanggal 20 Agustus, baru tim juru bayar akan berangkat lagi,”sebutnya.
Dana PSKS tersebut adalah program dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada masyarakat miskin di Papua. Dan dana tersebut ada di dalam Pesawat Trigana yang diduga hilang di di Kampung Bape yang terletak pada perbatasan Distrik Seram dengan Oksob, pada ketinggian 8500 feet atau 7 mile dari landasan Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...