Kesederhanaan Tak Halangi Perayaan HUT NKRI di Pulau Sebuku Lampung

LAMPUNG — Kegiatan memeriahkan peringatan HUT NKRI di Lampung terutama di pulau pulau terluar terlihat dilakukan dengan sederhana. Salah satunya di Pulau Sebuku yang berada di kawasan Kepulauan Krakatau.
Warga Pulau Sebuku merayakan kegiatan perlombaan untuk merayakan HUT ke-70 NKRI dengan mengadakan perlombaan untuk anak anak usia Sekolah Dasar (SD) dan beberapa diantaranya kaum ibu.
Menurut Kepala Dusun Teluk Bangkai Karim, satu diantara dusun yang ada di Pulau Sebuku, beberapa perlombaan yang akan dilakukan diantaranya lomba memasukkan paku dalam botol, lomba makan kerupuk, lomba balap karung untuk anak anak, sementara untuk kaum ibu dilakukan lomba lari sarung.
“Kita ikut merayakan perayaan kemerdekaan meskipun dilakukan dengan sederhana namun meskipun demikian kami tetap merayakan bersama anak anak dan warga di sini,”ungkap Karim kepada Cendana News di Pulau Sebuku Lampung Minggu (16/8/2015).
Pulau Sebuku yang merupakan salah satu dusun di Desa Tejang Pulau Sebesi masuk di Kecamatan Rajabasa Karim saat ini menetap sebanyak 306 Kepala Keluarga sementara itu beberapa diantaranya merupakan warga penggarap yang akan pulang ke daratan di Sumatera diantaranya ke Kalianda dan Rajabasa. Pulau ini bisa ditempuh dengan perjalanan kapal dari Pulau Sumatera menggunakan kapal tradisional dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
Perlombaan puncak akan dilakukan esok hari pada (17/08/2015) dengan kegiatan lomba panjat pohon pisang dan juga hiburan musik organ tunggal.
Perlombaan dan hiburan selama memeriahkan HUT NKRI ke- 70 dilakukan di halaman SDN Sebuku yang merupakan satu satunya sekolah dasar di Pulau Sebuku. Sekolah Dasar tersebut saat ini memiliki sekitar 35 siswa mulai kelas 1 hingga kelas 6. Terlihat bangunan Sekolah Dasar yang masih terlihat baru.
Berdasarkan pantauan Cendana News di dusun ini belum ada sarana listrik PLN melainkan menggunakan listrik tenaga diesel. Mesin diesel tersebut disalurkan ke sekitar 30 rumah yang ada di dusun Teluk Bangkai tersebut. Meskipun sebagai pulau yang berada dekat dengan ibukota Lampung Selatan namun kawasan Pulau Sebuku terlihat masih menjadi kawasan yang masih belum tersentuh pembangunan.

MINGGU, 16 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...