Ketinggian Semburan Abu Vulkanik Gunung Lokon Berkurang Menjadi 400 Meter

Kendaraan warga kota Manado yang tertutup abu vulkanik, dampak dari letusan Gunung Lokon Sabtu (29/8/2015)

MANADO—Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, yang memiliki ketinggian 1.580 meter dari permukaan laut, Sabtu malam (29/08/2015) meletus. Letusan Gunung Lokon sempat membuat panik warga Tomohon, karena saat meletus gunung lokon mengeluarkan semburan abu vulkanik setinggi 1.500 meter dari kawah Tompaluan dan mengeluarkan bunyi dentuman sehingga sebagian warga yang akan beristirahat berhamburan keluar rumah. (Baca juga berita : Gunung Lokon Meletus, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1500 Meter)

“saat itu saya baru akan tidur, namun terdengar bunyi dentuman sangat kuat, saya pikir ada gempa bumi, karena kaca-kaca jendela bergetar, karena takut saya keluar rumah, dan ternyata  Gunung Lokon meletus” ujar Frans Kaunang warga Desa Kinilow, Tomohon.

Kendaraan warga kota Manado yang tertutup abu vulkanik, dampak dari letusan Gunung Lokon Sabtu (29/8/2015)

Sementara itu, berdasarkan data yang dirangkum dari pos pengamatan gunung lokon di Desa Kakaskasen, Tomohon pada Minggu (30/08/2015), saat ini Gunung Lokon masih mengeluarkan semburan abu vulkanik, meski mulai berkurang menjadi 400 meter dari kawah Tompaluan.

Petugas pos pemantau Gunung Lokon di Tomohon, Armando Manguleh mengatakan, sebelum meletus, status Gunung Lokon sejak bulan Juli telah dinaikkan dari status Waspada ke status Siaga Level III, karena berdasarkan pengamatan terhadap Gunung Lokon selama tiga bulan sebelum meletus, mengalami pengingkatan aktifitas, sehingga statusnya dinaikkan, “status Gunung Lokon kita telah naikkan dari status Waspada ke Siaga Level III” ujar Armando.
Pantauan Cendana News, dampak dari meletusnya Gunung Lokon dirasakan sebagian besar warga di kota Manado. Banyak kendaraan baik roda dua dan empat yang tertutup debu vulkanik walaupun tidak terlampau tebal.

MINGGU, 30 AGUSTUS 2015
Jurnalis : Ishak Kusrant
Foto : Ishak Kusrant
Editor : Gani Khair

Lihat juga...