Komitmen TNI AD Mewujudkan Swasembada Pangan di Papua


JAYAPURA—Bukti nyata komitmen Kodam XVII/Cenderawasih guna mewujudkan Papua sebagai lumbung padi Nasional bukanlah isapan jempol semata, dalam program serbuan teritorial dengan memberdayakan para Babinsa di seluruh Papua dan Papua Barat. Kini, mulai menunjukan hasil yang siginfikan, terbukti dari pembukaan lahan perdana 400 Ha dari 10.00 Ha sawah di Kabupaten Merauke, Papua.
Program swasembada pangan ini berhasil di tindaklanjuti Komando Distrik Militer (Kodim) 1704 Sorong, melalui kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 1704-01/ Sorong Timur.
“Babinsa Sertu Suprihatin telah melaksanakan kegiatan pendamping menanam padi di Distrik Mariyai dengan kelompok Tani Sidodadi  dan telah mulai menggarap Sawah seluas  15 Ha,” kata Dandim 1704 / Sorong, Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte dari ujung selulernya, Sabtu (08/08/2015).
Menurutnya, kegiatan Babinsa membantu kelompok tani adalah upaya untuk menyukseskan program swasembada pangan di Papua. “Babinsa bukan hanya sebagai pendamping kelompok tani, tetapi langsung turun ke sawah untuk membantu kelompok tani bercocok tanam dengan benar,” ujarnya.
Dandim 1704 Sorong ini berharap kelompok tani yang dipimpin bapak Tunis sebagai ketua kelompok tani dapat melanjutkan penanamannya sesuai dengan arahan dan petunjuk yang telah diberikan dari para Babinsa Desa.
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sidodadi, Tunis mengapresiasikan Babinsa yang turun ke sawah. Menurutnya, tentara itu identik dengan berperang, ternyata anggapan itu salah, sebab melihat para Babinsa juga begitu cekatan menanam padi di sawah.
“Kami baru sadar, TNI adalah pengayom masyarakat yang hebat. Saya mewakili masyarakat menyampaikan rasa terima kasih terhadap kegiatan yang dilakukan Babinsa dan dengan kehadiran Babinsa ditengah-tengah masyarakat dapat memberi contoh positif  kepada kami,” kata Tunis.
SABTU, 8 AGUSTUS 2015
Jurnalis : Indrayadi T. Hatta
Foto : Indrayadi T. Hatta
Editor : Gani Khair
Lihat juga...