Korban Kebakaran di Ruteng Dapat Bantuan dari Pemda Manggarai

FLORES — Korban bencana kebakaran rumah di Desa Compang Namut, Kecamatan Ruteng, hari ini, Sabtu (09/08/2015), mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
Sekretaris Dinas Sosnakartrans Kabupaten Manggarai, Mikhael Gales menyebutkan, pihaknya telah menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada korban. 
“Kalau dari Dinas Sosial itu, bantuan darurat saja. Paling ya, misalnya, beras untuk makan sebanyak 30 kilogram, tempat nasi, cerek, alat dapur saja,” ungkap Mikhael, Sabtu (08/08/2015).
Sementara itu, dari BPBD Kabupaten Manggarai, selain bantuan darurat, korban mendapat bantuan yang bersifat permanen. 
Ketua BPBD Manggarai, Anglus Angkat kepada Cendana News menjelaskan, pihaknya akan memberikan bantuan berupa seng dan paku seng. 
“Kemarin saya minta Kepala Desa Compang Namut untuk data semua kerugian. Dan data itu sudah saya terima,” jelas Anglus di ruang kerjanya, Sabtu (08/08/2015).
Anglus
Akan tetapi, kata Anglus, pihaknya tidak bermaksud mengganti semua kerugian yang dialami korban. Artinya, tidak ada ukuran standar bantuan yang diberikan oleh pihak BPBD untuk korban. 
“Bantuan yang kami berikan, sifatnya stimulan. Namun, kami selalu pasti ada pertimbangan tertentu. Karena kita juga ada tim verifikasi lapangan yang memeriksa keadaan di sana. Sekarang kami tunggu kepala desa dan warga korban datang,” lanjutnya menerangkan.
Sebelumnya diberitakan, rumah korban tampak sudah hangus total dilalap api.
“Saya tidak ada tempat kemarin. Saat kejadian, saya masih di pasar, ada jual kecil-kecilan. Saya kaget, saat pulang, rumah saya sudah ‘cuci abis’. Tidak ada barang yang tersisa. Kain yang saya pake ini, kebetulan ada tetangga yang beri,” ungkap korban, Anastasia Lit di Compang Namut, Jumat (07/08/2015).
Informasi yang dihimpun CND, korban sebelumnya telah mendapat bantuan dari Palang Merah Indonesia Cabang Ruteng. PMI memberikan bantuannya berupa bahan makanan, peralatan dapur dan kain.
SABTU, 08 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...