KPUD Balikpapan Lakukan Verifikasi Faktual Persyaratan Perseorangan

CENDANANEWS (Balikpapan) Verifikasi factual persyaratan dukungan calon perseorangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, masih dilakukan KPUD kota Balikpapan. Pasalnya, pada 7 Agustus penyerahan berkas dukungan suara bagi perseorangan, pasangan Achdian Nor-Abriantinus menyerahkan 110 ribu dukungan sedangkan pasangan Abdul Hakim-Wahidah menyerahkan 91 ribu lebih dukungan suara kepada KPUD.
Menurut Ketua KPUD kota Noor Toha belum dapat memperkirakan apakah dua calon perseorangan ini akan lolos dan berhak mengikuti pilkada Balikpapan.
“Soal siapa yang lolos kita belum dapat komentrar karena prosesnya sedang berjalan,” ujarnya, Minggu (16/8/2015).
Thoha menjelaskan, pada tanggal 20-21 Agustus baru mulai gelar pleno tingkat kota/kabupaten untuk calon perseorangan. Dari situ baru ketahui siapa yang lolos dan tidak.
Kemudian KPUD kota akan melakukan pleno untuk menetapkan calon yang lolos dan berhak mengikuti pilkada Balikpapan pada 24 Agustus mendatang. “ Kita pleno di belakang,” tambahnya.
Terkait verifikasi ijazah bakal calon baik perseorang maupun jalur partai politik, Noor Thoha memastikan semua sudah dilakukan.” Sudah klir tidak ada masalah,” ucapnya.
Diketahui, balon walikota-wakil walikota Balikpapan dari jalur politik terdapat tiga pasangan yakni Rizal-Rahmad (RR) diusung PDIP, NAsdem,
PPP, Demokrat dan Hanura, dan Pasangan Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf diusung Golkar. Sedangkan pasangan Heru Bambang –Sirajuddin diusung Gerindra dan PKS, PBB.
MINGGU, 16 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...