Layanan Publik yang Buruk Jadi Pintu Masuk Terjadinya Praktik korupsi

MATARAM — Masalah layanan publik, hampir menjadi persoalan yang belum sepenuhnya mampu terealisasi secara maksimal, terutama di lingkungan birokrasi pemerintahan dan badan layanan publik lain. Dan terhambatnya proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat termasuk membuka peluang terjadinya korupsi sesungguhnya akibat buruknya layanan publik. 
“Layanan publik yang buruk, tidak profesional dan tidak transparan menjadi salah satu pintu masuk terjadinya praktik korupsi di lingkungan birokrasi pemerintahan, termasuk yang dilakukan kepala Daerah, mulai dari Gubernur hingga Bupati dan Walikota,” kata Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan NTB, Muhamad Rosyid Rido di Mataram, Selasa (18/08/2015).
Selain itu kata Rido, politisasi birokrasi oleh kepala daerah, di mana penempatan aparatur pemerintahan yang dilakukan atas dasar pertimbangan kedekatan, bukan atas kemampuan dan profesionalisme kerja juga turut serta menyebabkan buruknya kualitas layanan publik, dimana sebagian di antara SKPD dan badan layanan publik seringkali bekerja atas dasar asal bapak senang dan mengabaikan aturan.
Dikatakan, pola Aparatur Sipil Negara (ASN) sebetulnya termasuk pola yang sangat tepat kalau dierapkan sebagaimana mestinya untuk mencegah terjadinya politisasi birokrasi maupun pola kerja birokrasi transaksional, karena perekrutan pejabat di lingkungan pemerintahan dilakukan melalui proses seleksi.
“Sehingga melalui pola tersebut, para pejabat di lingkungan pemerintahan dalam menjalankan kerja dan memberikan layanan kepada masyarakat mengacu kepada aturan, bukan atas loyallitas dan keinginan pimpinan,” katanya.
Lebih lanjut Rido menambahkan dalam upaya mewujudkan sistem layanan publik yang profesional dan transparan, juga harus melibatkan peran serta dan partisipasi masyarakat, di mana masyarakat terlibat aktif menyusun aturan terkait pelayanan publik.
SELASA, 18 Agustus 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...