Lelang Operator Bus SAUM Balikpapan Ditargetkan Selesai September

BALIKPAPAN — Proses lelang bus Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) koridor D tengah dilakukan pemerintah kota Balikpapan. Ditargetkan lelang selesai pada bulan September mendatang. 
Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengungkapkan proses lelang mulai dilakukan karena surat penyerahan aset SAUM dari pemerintah kota ke Dinas Perhubungan sudah selesai. Saum koridor D ini melayani rute Terminal Batu Ampar – Pelabuhan Ferry Kariangau. 
“Surat penyerahan aset SAUM sudah selesai. Lelang ditargetkan September selesai,” ucapnya, Selasa (18/8/2015).
Sebelumnya proses pelelangan operator SAUM untuk satu-satunya koridor yang berjalan ini sempat gagal dua kali karena sepinya peminat lelang. Bahkan pada lelang kali ini, Sudirman menyatakan baru ada satu pihak yang menyatakan ketertarikannya. 
“Yaitu gabungan pengelola trayek-trayek angkutan kota di Balikpapan. Mereka sudah menyatakan tertarik. Sampai sekarang belum ada pihak lain yang menunjukkan ketertarikan,” sebutnya
Karena itu  dishub akan melakukan Penunjukan langsung apabila pada lelang ketiga juga tidak ada yang berminat ikut dalam pelelangan. “Kita Dishub Balikpapan telah mengonsultasikan penunjukan lansung kepada Badan Pemeriksa Keuangan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan sebagai antisipasi apabila lelang ketiga ini juga gagal,” terangnya.
Diketahui untuk koridor D SAUM yang melayani rute Terminal Batu Ampar-Pelabuhan Ferry Kariangau masih dikelola oleh Pemerintah Kota Balikpapan sejak masa uji coba yang dilakukan pada tahun silam. Seluruh biaya operasional ditanggung oleh Pemkot Balikpapan dengan anggaran dari APBD. 
Adapun biaya yang harus ditanggung tiap bulannya oleh pemkot adalah sekitar Rp50 juta, dengan rincian Rp.25 juta untuk bahan bakar dan Rp.24 juta untuk gaji pengemudi bus SAUM. Pemkot juga tidak menarik biaya dari jasa transportasi tersebut. “Selama masa uji coba ini masyarakat yang naik Saum gratis. Dalam sehari penumpang yang naik sekitar lebih dari 1000,” tambahnya.
SELASA, 18 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...