Mahasiswa Unmuh Lakukan Inovasi Makanan Berbahan Dasar Jagung

SURABAYA — Mahalnya harga beras akibat naiknya harga gabah kering panen (GKP) dan gabah kering giking (GKG) di tingkat penggilingan membuat masyarakat harus pintar memanfaatkan makanan pokok lain selain beras, salah satunya jagung.
Panen jagung yang melimpah di Dusun Bakon, Desa Tlemang, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan mendorong sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (Unmuh) berinovasi untuk pengolahan jagung.
Selain karena jagung mudah didapat, juga kandungan serat, vitamin C serta kalori dalam jagung lebih tinggi dibandingkan beras. Oleh karena itu, tiga mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan ini membuat olahan berbahan dasar jagung.
Sulis Indriyawati, Adam Joko dan Septi Andriana membuat inovasi varian makanan yang berbahan dasar jagung yakni krupuk bantal jagung, ice cream jagung, nugget jagung, dan bubur jagung.
Sulis Indriyawati mengungkapkan ide awal hingga proses pembuatan dan jadi produk siap jual dibutuhkan waktu lima bulan.
“Tentunya ini butuh perjuangan, mulai percobaan-percobaan hingga menemukan takaran yang pas yang banyak disukai,” Jelas mahasiswi D3 Kebidanan ini saat ditemui Cendana News, Senin (24/08/2015).
Ia mengaku, dengan adanya inovasi produk ini, keuntungannya bisa mencapai 2-3 kali lipat. Semisal, krupuk bantal jagung membutuhkan modal awal 14 ribu bisa dijual hingga 28 ribu, sedangkan es krim jagung dengan modal awal 30 ribu bisa dijual hingga 75 ribu.
Dosen Pembimbing dari ketiga mahasiswa ini, Rachmawati Ika mengaku senang dan bangga mahasiswanya mampu memberikan ide kreatif dan berguna bagi masyarakat umum terutama petani jagung sehingga tingkat kesejahteraannya meningkat.
“Selain itu kulit jagung juga kami manfaatkan sebagai kemasan untuk krupuk bantal jagung,”  Jelas wanita berhijab ini.
Hani (36 tahun) ibu hamil yang mencoba es krim jagung mengaku rasanya enak dan cukup manis.
“Enak, cukup manis, dan yang penting aman bagi kehamilan saya,” Ujarnya.

SENIN, 24 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...