Makan Ulat Sagu Hidup-hidup, Atraksi Unik di Perayaan Jelang HUT RI ke-70

Prajurit TNI AD atraksi makan ulat Sagu
JAYAPURA — Puluhan prajurit TNI AD dari satuan Batalyon Infanteri 751 Raider, Sentani, Kabupaten Jayapura lakukan atraksi memakan ulat yang masih hidup,  langsung dari pohon Sagu. Atraksi tersebut menjadi satu daya tarik pengunjung yang mayoritas para prajurit dari seluruh satuan yang ada di bawah Kodam XVII Cenderawasih.
Keanekaragaman budaya dan kuliner se-Indonesia terlihat didalam perayaan yang digelar sejak pagi 09.30 waktu Papua hingga pukul 13.00 waktu Papua. Seluruh satuan dibawah yang mengikuti perlombaan memasak kuliner dan peragaan busana nusantara ini dipusatkan di halaman Makodam XVII Cenderawasih.
Dua puluh satu stand yang menyajikan kuliner daerah-daerah se-Indonesia ini juga menjadi salah satu sajian kuliner bernuanasa Nusantara, untuk membangkitkan rasa cinta akan keanekaragaman kuliner Indonesia.
Kasdam XVII Cenderawasih, Brigjen TNI Tatang Sulaiman pihaknya menggelar kegiatan Nusantara ini bertujuan menyambut HUT RI ke-70, dimana seluruh pesertanya dari satuan yang ada di Kodam XVII Cenderawasih.
“Lomba kuliner menampilkan semua makanan khas daerah mulai dari Aceh sampai ke Papua. Termasuk juga dengan peragaan busana menampilkan busana dari masing-masing daerah. Tujuannya, kami ingin hadirkan nuansa seluruh Indoensia di Papua, dan ini adalah bagian menyemarakkan rangkaian kegiatan HUT RI ke-70,” kata Sulaiman di Makodam XVII Cenderawasih, Kamis (13/08/2015).
Kegiatan ini sifatnya internal, lanjut Kasdam, untuk kegiatan ekternal, pihaknya akan hadirkan drama kolosal dengan topik mengangkat perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah Belanda, filosofinya adalah semua masyarakat dapat memahami bahwa kemerdekaan yang diraih ini adalah hasil dari peran serta seluruh rakyat Indonesia.
“Drama kolosal itu akan ditampilkan pada pelaksanaan HUT RI nanti, dan ditutup dengan atraksi terjun bebsa dari para prajurit TNI AD dengan personil 20 prajurit, akan dilepas pada ketinggian 10 ribu beat dan akan mendarat di lapangan sepakbola, Mandala Jayapura,” ujarnya.
Dari pantauan media ini, sekitar tiga ratusan lebih prajurit Kodam XVII Cenderawasih ambil bagian dalam perlombaan kuliner daerah dan pegaraan busana daerah se-Indonesia. Selain prajurit, turut ambil bagian para Ibu-ibu Persid Kartika juga dimeriahkan dengan stand-stand swasta dan di iringi pula penyanyi lokal dari Kodam XVII Cenderawasih.
Salah satu pasang mengenakan pakaian adat Papua dalam lomba Peragaan Busana Nusantara di Makodam XVII Cenderawasih

pakaian adat Aceh

pakaian adat Minang

Stand Kuliner asal Madura
KAMIS, 13 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...