Manfaatkan Waktu Luang, Eliyawati Tekuni Pembuatan Cake Ultah

BALIKPAPAN — Berawal dari mengisi kekosongan waktu dan meluangkan hobby membuat cake, Eliyawati seorang ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Gunungsari kota Balikpapan kebanjiran pesanan. Dalam satu bulan, dirinya dapat mengerjakan 20 pesanan dengan pemasukan lebih kurang Rp.10 juta.
Sebelumnya, 2009 Eliyawati mengawali home industrinya dengan membuka produk coklat dengan nama Coklat Riri. namun karena bahan yang cukup mahal dan hasil yang diperoleh tidak memuaskan membuatnya banting stir pada usaha cake ulang tahun. 
“Awalnya dulu buka kue Coklat, namun bahannya mahal dan tidak begitu banyak peminat. Saya coba usaha lain, buat cake ultah,” katanya sembari membuat cake, Minggu (16/8/2015).
Ely menuturkan, awal membuat cake modal yang diperlukan tidak banyak. Hanya bermodal Rp100 ribu mencoba usaha cake ultah dan perlengkapan pembuatan kue yang sudah dimilikinya. “Dari satu pesanan satu minggunya, kemudian berlanjut pesanan dalam sebulan 5 kue ultah,” serunya. 
Meski usaha cake sudah menjamur, tidak membuat ibu rumah tangga yang sudah dikaruniai dua anak ini patah semangat. Ely mengatakan cake yang dibuatnya khusus pemesanan kue ulang tahun sehingga ada spesialisasi. 
Pengenalan cake ulang tahun cokelat Riri dilakukan dengan media sosial seperti Facebook dan pelanggan-pelanggan yang sudah mengenal cake buatan Ely. Dan usaha yang dilakukannya membuahkan hasil. Terbukti kini yang memesan cake ulang tahun dalam sebulan mencapai 20 pesanan.  
Seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya pesanan yang diperoleh omzet yang dihasilkan dari Coklat Riri dalam sebulan mencapai Rp.10 juta lebih. Bahkan kini Ia sudah memiliki dua karyawan yang membantunya untuk membuat cake ulang tahunnya. 
Ely menyebutkan cake ulan tahun yang dibuat juga mengikuti trend yang disukai anak-anak sekarang, sehingga tidak terlihat klasik. “Kue cake buatan kami sesuai dengan trend sekarang. Seperti anak-anak sekarang menyukai gambar minion dan frozen,” ungkap perempuan kelahiran Kota Samarinda. 
Menurut Ely, bahan-bahan kue dibelinya di toko bahan kue kota Balikpapan. Sedangkan akseesoris cake dibeli di luar kota karena harganya lebih murah. Hal itu dilakukan agar cake buatannya dapat dijangkau harganya. 
Adapun harga yang ditawarkan Cokelat riri untuk cake ulang tahun juga sesuai ukurannya. Harga dari Rp200.000 – Rp1.000.000 dengan berbagai ukuran. Selain itu, Ia juga menawarkan paket cake ulang tahun yakni dari cake nya hingga jajanan kue yang menjadi hidangan kue ulang tahun. 
Saat ini pelanggan yang datang pada Cokelat Riri tidak hanya warga sekitar, namun juga datang dari ekspatriat. Ely berharap usaha yang dirintis sejak tahun 2009 ini bisa berjalan terus meskipun ia bukan penopang dalam mencari nafkah keluarganya.
MINGGU, 16 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...