Meriahkan HUT RI ke-70, Ratusan Pelajar di Penengahan Ikuti Gerak Jalan

LAMPUNG — Ratusan siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Kecamatan Penengahan Lampung Selatan mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-70. Menurut Camat Kecamatan Penengahan, Lukman Hakim, kegiatan tersebut diikuti oleh pelajar dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).
Kegiatan rutin yang dilakukan setiap menyambut HUT RI tersebut dimulai sejak pagi hingga siang dengan titik awal  di lapangan  Desa Tamanbaru dan berakhir di lapangan Kecamatan Penengahan dengan jarak 5 kilometer. Untuk mensukseskan acara, selama kegiatan berlangsung jalan yang digunakan terpaksa ditutup dan pengguna kendaraan roda dua dan roda empat dialihkan ke Jalan Lintas Sumatera.
“Kita sudah berkoordinasi dengan Polsek Penengahan untuk menutup jalur selama kurang lebih lima jam saat perlombaan gerak jalan dilakukan sampai semua peserta sampai di garis akhir,”ungkap Lukman Hakim kepada media CND Kamis(13/8/2015).
Kegiatan lomba gerak jalan tersebut ungkap Lukman Hakim, juga merupakan kegiatan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Penengahan dan sebagai bentuk apresiasi kepada peserta akan disediakan hadiah berupa Thropy penghargaan serta uang pembinaan yang akan diberikan saat peringatan HUT RI ke-70 di lapangan Kecamatan Penengahan.
Salah satu guru pembina MTS Nurul Huda mengungkapkan, setiap sekolah diwajibkan mengirimkan satu regu untuk gerak jalan dengan peserta masing masing sekitar 16 orang. Sebanyak 2 Sekolah Menengah Atas, 5 Sekolah Menengah Pertama  serta puluhan Sekolah Dasar tercatat mengikuti lomba gerak jalan sehat tersebut.
Dari pantauan Cendana News, para peserta lomba gerak jalan tersebut terlihat antusias mengikuti dengan atribut bendera merah putih serta menyanyikan lagu lagu perjuangan menggunakan seragam beraneka rupa. Gerak jalan yang berakhir di lapangan volley Kecamatan Penengahan diakhiri dengan hiburan serta permainan permainan bagi seluruh peserta.
Kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-70 juga berdasarkan keterangan Lukman Hakim yang setahun menjabat camat Kecamatan Penengahan itu diantaranya lomba kebersihan desa, lomba tanaman obat keluarga serta lomba keindahan desa.
“Selain kegiatan bagi siswa dari jenjang SD hingga SMA bagi masyarakat umum juga setiap desa melakukan kegiatan lomba desa terutama kebersihan serta beberapa penilaian lain”ungkap Lukman Hakim.
Lomba kebersihan dan keindahan desa salah satunya terlihat di Desa Klaten Kecamatan Penengahan dimana di sepanjang jalan dipenuhi umbul umbul serta hiasan dengan dominasi bendera merah putih. Sementara kaum ibu terlihat antusias menyiapkan kebun serta taman yang ditanami dengan Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang akan menjadi salah satu bagian penilaian.
Salah satu warga Desa Klaten Sumini (39) bahkan menyiapkan beberapa tanaman obat keluarga yang ditanam di polibag dan pot, diantaranya tanaman jahe, kunyit, kencur, kapulaga, mahkota dewa serta berbagai tanaman obat tradisional yang akan dinilai oleh tim penjurian dalam lomba kebersihan desa.

KAMIS, 13 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...